Paguyuban Sentra Jaka Ajari Satgas TMMD Ke 110 Kodim 1008/Tanjung Kesenian Campur Sari


Tanjung Tabalong - Hampir 2 pekan berjalan berbagai kegiatan baik fisik maupun non fisik telah dilaksanakan oleh Satgas TMMD, selain kegiatan fisik dan non fisik tersebut, anggota Satgas TMMD juga harus tetap aktif  berinteraksi dengan masyarakat setempat sekalipun padatnya kegiatan salah satu nya saat mengikuti pembelajaran Kesenian Campur Sari (13/3/2021) bersama Paguyuban Sentra Jaka Desa Masingai 2.

Suyahman (45) yang merupakan ketua paguyuban Sentra Jaka mengatakan bahwa " Campursari adalah kolaborasi musik tradisional gamelan Jawa dengan alat musik modern yang saat ini sudah sangat memasyarakat, tapi Gamelan buat campur sari sama buat karawitan itu beda, orang-orang banyak yang tidak tahu,"

Ditambahkannya dirinya sangat bangga melihat semangat yang tinggi dari anak - anak muda untuk tetap melestarikan alat musik tradisional apalagi saat mengetahui anggota Satgas TMMD ingin belajar campur sari mereka bersiap dengan maksimal, Anak-anak muda yang memilih berkarya sebagai pemusik tradisional itu sama sekali tidak terlihat canggung. Mereka dengan bangga mempertontonkan kebolehan memainkan langgam jawa campur sari yang apik. Jenis musik yang dulu dielu-elukan berbagai kalangan. Namun, ketenarannya mulai pudar digerus zaman.

Ditempat yang sama, Serka Pranoto mengatakan sangat bangga dengan semangat anak - anak muda disini dengan Kreativitas bermusik yang tak kalah dengan musik modern, untuk tetap melestarikannya perlu pengenalan kembali kepada para generasi muda agar campursari tidak hilang ditelan zaman.

"Musik campursari harus bisa berkembang dan lebih dekat kepada para generasi muda. Diharapkan mereka tergugah mengembangkan kembali campursari dengan genre-genre musik berbeda yang menyesuaikan zaman, tambah Pranoto

(Pendim 1008)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama