Duel Maut H.Fatoni vs Mustofa Berujung Damai Di Kantor Kecamatan Kraton Kab.Pasuruan




Pasuruan, Tribunusantara.com - Giat Islah atau mediasi perdamaian yang terjadi di Desa Kalirejo Kecamatan Kraton yang terjadi beberapa waktu lalu.

Islah atau mediasi melibatkan kedua belah pihak perselisihan yang terjadi antara kedua belah pihak yakni H.Fatoni (53)Thn, Dusun Kisik dan Mustofa (31)Thn,Dusun Kaligung , yang sama dari Desa Kalirejo Kec. Kraton Kab.Pasuruan, kini di selesaikan di Kantor Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan, pada hari Senin 12/04/2021, sekira pukul 09.45 Wib.

 

Bukan hanya disaksikan oleh pihak Kapolsek Kraton yang mempunyai  wilayah,namun juga disaksikan dan di bantu Kecamatan, Danramil dan juga para undangan tokoh Masyarakat dan tokoh Agama di wilayah tersebut.

Giat islah atau mediasi ini bertujuan agar kedua belah pihak dapat berdamai dan tetap menjaga tali persaudaraan antara warga Desa Kalirejo.

Adapun pembukaan acara yang disampaikan oleh Iptu Agung Kanit Reskrim Polsek Gadingrejo, " ia menuturkan bahwa kegiatan mediasi atau islah ini adalah kegiatan akhir dari buntut perselisihan antara haji Fathoni dengan saudara Musthofa, pihak Polri juga  memberikan kesempatan kepada kedua belah pihak untuk melakukan istilah ataupun mediasi antara kedua belah pihak yang bertujuan untuk mendamaikan masing-masing pihak."
 

" Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyejukkan antara warga kelurahan Kalirejo kecamatan kraton kabupaten Pasuruan. Pihak Polri cuma berpesan agar semua warga mematuhi hukum yang ada khususnya di Polres Pasuruan Kota." Jelasnya

Selanjutnya, Kapolsek Kraton menyampaikan terimakasih  kepada kedua belah pihak karna sudah dapat menghadiri dan menerima islah atau mediasi ini dengan lapang dada, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang luar biasa, mengingat kita sebagai manusia kita wajib dan dapat mengendalikan hawa nafsu apalagi kita sebentar lagi datang bulan Ramadhan, saya berharap agar kedua belah pihak dapat saling memaafkan, dan kegiatan yang mulia ini merupakan ajaran nabi yang harus kita laksanakan." Ujarnya

" Perbedaan dalam penguasaan lahan itu merupakan hal yang biasa namun kita wajib mempersatukan ukhuwah islamiyah. Kegiatan mediasi ini wajib kita mensyukuri dikarenakan itu merupakan nikmat Allah, dan mudah-mudahan yang dilakukan oleh H. Fathoni dan saudara Mustofa dengan lapang dada yang saling memaafkan semoga beliau berdakwah diberikan pahala yang besar." Terangnya
 Kegiatan islah/medisi antara H. Fatoni dengan  Mustofa di kantor Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan juga mendapat dukungan dari tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah tersebut.

Sambung Camat Kraton,  dalam sambutannya Camat Kraton menambahkan, "dalam kegiatan hari ini yang merupakan momen yang sangat penting bagi kita semua khususnya bapak haji Fatoni dan bapak Mustofa menjelang bulan Ramadhan ini semoga semua diberikan pikiran yang jernih dan pikiran yang sehat dan semua warga bisa rukun kembali. Kami juga berharap kegiatan mediasi ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman khususnya bagi warga Desa Kalirejo kecamatan kraton kabupaten Pasuruan." Imbuhnya
 

Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Kalirejo M.Adip juga menyampaikan terimakasih kepada seeluruh TNI,POLRI, Kecamatan  dan juga  para undangan yang hadir dalam acara giat tersebut.

Dalam sambutannya ia menyampaikan, " Kami berharap dengan adanya kegiatan mediasi ini saudara Kaji Fathoni dengan saudara Mustofa tidak mengulangi kegiatan perselisihan yang telah dilakukan pada beberapa hari yang lalu.

 
Sebelumnya kami atas nama Kepala Desa Kalirejo mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, dan mari kita menjaga tali silaturahmi dan saling bermaafan menjelang bulan Ramadhan." Ucap Kades Adip

Giat berakhir dengan dilakukannya penandatanganan surat pernyataan perdamaian dan doa bersama, giat islah atau mediasi antara kedua belah pihak,selama kegiatan berjalan aman dan lancar.

Admin : Abimanyu
Pewarta : Andre&Yupri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama