TNI, Pemdes dan Masyarakat Desa Selokgondang Normalisasi Saluran Irigasi untuk Antisipasi Banjir



Lumajang, Tribunusantara.com – Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya banjir akibat lumpur saat musim hujan, Babinsa Selokgondang Koramil 0821/02 Sukodono bersama Pemerintah Desa dan Masyarakat bergotong royong melaksanakan normalisasi saluran irigasi skunder sepanjang 250 meter di Dusun Krajan Kulon RW 04 RT 12 Desa Selokgondang Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Kamis (8/4/2021).
 
Dalam kegitan tersebut, Babinsa Selokgondang Serka Imam Kudhori mengatakan, bahwa kerja bakti secara gotong royong merupakan sarana untuk membangun kebersaman, kesadaran maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh warga. 

Lanjut dia, sebagai satuan kewilayahan yang selalu berhubungan dengan masyarakat, dirinya akan selalu memberikan dukungan kepada pemerintah di desa dan masyarakat dalam setiap kegiatan di wilayah binaan, serta menumbuhkan budaya hidup bergotong-royong kepada masyarakat.

“Dengan kegiatan ini dapat menjalin hubungan tali asih dan komunikasi sosial dengan masyarakat di desa binaan, sehingga sasaran tugas pokok pembinaan teriktorial (Binter) bisa tercapai sesuai harapan, serta terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat,” kata dia.

Menurut Imam, dengan dilaksanakannya kerja bakti membersihkan aliran irigasi dari sampah dan endapan lumpur, nantinya air akan mengalir dengan lancar sehingga terhindar dari banjir dan saluran irigasi juga terus terjaga kebersihannya.

“Bukan hanya jalan dan lingkungan, saluran irigasi juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di saluran irigasi seperti ini, terlebih apabila terjadi banjir dan genangan air, dapat dijadikan sarang nyamuk. Oleh karena itu saya berharap warga tidak lagi membuang sampahnya ke saluran irigasi,“ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Selokgondang Masturi menyampaikan, bahwa dirinya berterima kasih atas kerja sama Babinsa dengan masyarakat yang telah bersama-sama melaksanakan normalisasi saluran irigasi ini sehingga dapat berjalan lancar dan aman.

“Kami mengucapkan terima kasih atas peran aktif Babinsa yang selalu hadir dan membantu dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat. Semoga kedekatan dan kerja sama yang terjalin dapat menunjang terwujudnya kemanunggalan yang lebih erat dan solid, khususnya di Desa Selokgondang,” pungkasnya. (Pendim 0821/By)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama