Kapolsek KPL Jayapura Hadiri Rapat Evaluasi Pencegahan Covid-19 di Area Pelabuhan



Polresta Jayapura Kota - Bertempat di Kantor Distrik Navigasi Klas II Jayapura, Kapolsek KPL Jayapura Iptu Rischard H. L Rumboy menghadiri rapat evaluasi penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah kerja Pelabuhan. Kamis (17/6) 


Rapat tersebut dipimpin langsung Kepala Kantor Kesyabandara dan Otoritas Pelabuhan Klas II Jayapura Taher Laitupa, ST., MT, turut hadir Kepala Distrik Navigas Klas II Jayapura Budi Setya, S.Sos., M.Si, Kepala Kantor KKP Klas II Jayapura Herold Pical, S.Km., M.Kes, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Jayapura Andrianus, Manager Personalia dan Personil PT. Pelindo Ibu Selfi, Kadiskes Danlantamal X Mayor Laut (K) drg. Agus Pudianto, SP. Pros, Perwakilan Sat Pol PP Kota Jayapura Andi Ishak TerruTerru, Perwakilan Basarnas Sumardi dan Perwakilan Perusahaan Yang Ada di pelabuhan. 


Dalam rapat itu, Kepala Kantor Kesyabandara dan otoritas pelabuhan kelas II Jayapura Taher Laitupa, ST., MT mengatakan bahwa pertemuan ini kita laksanakan guna mengevaluasi pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah kerja Pelabuhan laut Jayapura. 


"Sehingga saya harapkan semua stekholder agar menjalani komunikasi dengan baik karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam menangani covid-19, " ujarnya. 


Lanjutnya, pengguna jasa transportasi laut merupakan  yang sebagaian besar berekonomi rendah, untuk itu melalalui Menteri Perhubungan menerapkan sistem GeNose agar biaya pengguna jasa tidak terbebani seperti anti bodi (rapid test) dan antigen. 


"Rapat ini sangat bermanfaat bagi pengguna jasa dipelabuhan dan nanti kita akan berbagi tugas dipelabuhan, " terangnya. 


Sementara itu Kepala Kantor KKP Klas II Jayapura Herold Pical, S.Km., M.Kes menyampaikan penerapan sistem GeNose bagi pelaku perjalanan menggunakan kapal laut sangatembantu masyarakat yang berekonomi rendah. 


"Untuk yang positif menurut hasil antigen sekitar 38 orang mulai dari bulan Mei hingga Juni 2021 yang menggunakan kapal laut, " cetusnya. 


Lanjutnya, kita akan menerapkan GeNose di Pelabuhan dan sistem penerapannya saat calon penumpang akan naik ke Kapal dan GeNose ini berlalu 1x berlayar. 


Ia pun menambahkan, adanya terdeteksi ABK Kapal Perintis yang positif Covid-19, untuk itu ABK kapal sementara tidak boleh keluar daerah terlebih dahulu sambil menunggu hasil PCR. (*) 



Penulis   : Andi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama