Tracing Kontak Erat Dengan Pasien COVID-19, Deteksi Dini Pangkas Penyebaran



Lumajang, Pendim 0821 - Personil gabungan TNI dan Polri melibatkan tenaga kesehatan di wilayah Yosowilangun Kabupaten Lumajang, melakukan pengumpulan data pasien terkonfirmasi COVID-19, Sabtu (14/8/2021).


Berbasis tracing, petugas saat itu mendata, mendeteksi dini warga yang ada kontak erat dengan pasien COVID-19. Tujuannya, mamastikan turut tertularnya orang lain guna tindak lanjut atau respon cepat penanganan berikutnya.


Kali ini di Desa Karangrejo, satu keluarga menjalani pemeriksaan medis. Lantaran, satu diketahui diantaranya terpapar COVID-19.


Babinsa Karangrejo Koramil 0821/11 Yosowilangun Serda Karminto berkata, pasien COVID-19, sebelumnya sudah di rujuk ke rumah sakit di Lumajang untuk menjalani perawatan.


"Langkah dilakukan guna memastikan orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 ini turut terpapar atau tidak. Guna menentukan langkah berikutnya, menghindari resiko - resiko berlebihan atau hal yang tidak kita inginkan terjadi. Intinya, kami disini bersama Babinkamtibmas dan tim medis, melakukan upaya pencegahan yang bertumpu pada penyelamatan," ucapnya.


Diimbau pada warga, agar terus mematuhi aturan protokol kesehatan. Menerapkan pola hidup sehat serta segera melapor pada petugas jika merasa ada gangguan kesehatan.


Hal itu imbuh Serda Karminto guna lekas mendapatkan penanganan dan terhindar dari resiko berlebihan.


"Protokol kesehatan itu sendiri garis besarnya 5 M. Diantaranya memakai masker saat berkegiatan di luar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas," tutupnya. (pendim 0821).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama