Bersama Forkopimda, Dandim 0821 Dampingi Menko PMK Tinjau Lokasi Pengungsi dan Relokasi

 


Lumajang, Pendim 0821 – Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra Y.T., S.T., M.M. bersama jajaran Forkopimda Lumajang mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. saat meninjau lokasi pengungsian dampak erupsi Semeru, di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (12/3/2022).


Tidak hanya meninjau lokasi pengungsi, usai menerima laporan dari perwakilan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Wakil Bupati Lumajang, Menko PMK juga meninjau lokasi penyelenggaraan pendidikan darurat, pembangunan infrastruktur dan pemukiman di area relokasi.


Dalam kegiatan tersebut, Dandim 0821 Lumajang, selaku Dansatgas Masa Transisi Penanggulangan Bencana Erupsi Semeru, menyampaikan laporan kepada Menko PKM terkait kondisi pengungsi dan perkembangan proses pembangunan hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap) yang ada di area relokasi Desa Sumbermujur.


Sementara itu, saat konferensi pers Menko PMK menyampaikan, bahwa pihaknya mengapresiasi penanganan bencana yang dilakukan Forkopimda Kabupaten Lumajang sudah berjalan dengan baik dan patut dijadikan contoh daerah lain yang terdampak bencana.


Lebih lanjut Menko PMK juga menyampaikan, bahwa meskipun masih bisa ditempati, rumah warga yang terdampak bencana erupsi Semeru, tidak diperkenankan untuk dijadikan tempat tinggal, tetapi dialihfungsikan pemanfaatannya untuk lahan produktif.


“Demi kebaikan bersama, kita membutuhkan usul, saran dan masukan dari berbagai pihak, agar pelaksanaan pembangunan pasca erupsi semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya. 


Usai konferensi pers, Menko PMK dan rombongan, di dampingi Forkopimda Lumajang menuju area pembangunan huntara dan huntap, untuk meninjau rabat jalan yang ada di lokasi tersebut. (Pendim0821)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama