Babinsa Kunir Lor Dampingan Bidan Desa Laksanakan Posyandu Kamboja, Guna Wujudkan Masyarakat Sehat

 


Lumajang, Pendim 0821 - Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat khususnya ibu hamil, anak-anak dan balita, Babinsa Kunir Lor Koramil 0821/13 Kunir, Serda Harianto Dwi Cahyono, melaksanakan pendampingan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kamboja, yang bertempat di Dusun Sumbersari Desa Kunir Lor Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022).


Dalam kegiatan tersebut, Harianto menyampaikan, bahwa ikut sertanya dalam mendampingi kegiatan Posyandu, merupakan salah satu upaya melaksanakan tugas pembinaan wilayah, serta sebagai bentuk kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) terhadap kesehatan masyarakat, terutama ibu hamil, anak-anak dan balita.


Harianto juga mangatakan, bahwa Posyandu adalah wadah pemeliharaan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat, yang dibantu oleh petugas kesehatan dan dilaksanakan setiap satu bulan sekali. 


“Adanya Posyandu di setiap desa diharapkan mampu mengatasi masalah kesehatan sampai ke lapisan paling bawah, baik tentang kesehatan balita maupun ibu hamil guna menekan angka kematian, semoga dengan Posyandu akan selalu terwujud balita yang sehat dan kuat sesuai  program pemerintah, karena balita merupakan cikal bakal yang kelak tumbuh dewasa dan akan menggantikan generasi tua.” kata dia. 


Sementara itu, Bidan Desa Kunir Lor Eris Kusyatul Indriyanti, A.Md, Keb mengatakan, bahwa kegiatan Babinsa dalam melaksanakan pendampingan Posyandu khususnya Posyandu Balita, sangat positif karena bisa mengajak dan menghimbau masyarakat yang mempunyai Balita untuk melaksanakan penimbangan bayinya, sehingga perkembangan kesehatan bayi setiap bulannya bisa diketahui perkembangannya. 


"Tujuan Posyandu itu sendiri antara lain untuk menurunkan AKB (angka kematian bayi, red), angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas, meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan yang ada di wilayah Kunir Lor," pungkasnya. (Pendim 0821).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama