Kodim 0903/Bulungan Dukung Program Kementan RI Gelar Pangan Murah Menyambut Idul Fitri 1443 H

  


Tanjung Selor, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. Kalimantan Utara dan Kodim 0903/Bulungan menggelar kegiatan Pangan Murah Menyambut Idul Fitri 1443 H Dalam Rangka Stabilitas Harga dan pasokan Pangan bertempat di Lapangan Agatis Tanjung Selor Jalan Agatis Tanjung Selor, Senin (25/4/2022).


Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto,SH mengatakan TNI mendukung segala program atau kegiatan pemerintah, dalam hal ini melaksanakan Pasar Murah yang berguna untuk meningkatkan daya beli masyarakat. 


Tugas kami membantu mengamankan, mentertibkan sehingga pelaksanaan pasar murah ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib  dalam hal ini adalah penerapan protokol kesehatan. 


Karena dengan adanya pasar murah ini banyak masyarakat yang akan datang untuk berbelanja, sehingga protokol kesehatan perlu dilaksanakan dengan ketat. 


Terutama menjelang Lebaran, kita meningkatkan Vaksin booster, sehingga pengunjung di pasar ini bagi yang belum melaksanakan vaksinasi baik vaksin pertama, kedua dan vakasin booster dapat mengunjungi gerai vaksin yang telah kami sediakan.


Kementerian Pertanian (Kementan) RI melakukan gelar pangan murah di seluruh wilayah Indonesia untuk menekan disparitas harga jelang lebaran pada hari raya Idulfitri tahun ini.


Kegiatan ini merupakan salah satunya melalui gelaran pangan murah yang dapat membantu masyarakat memperoleh pangan yang murah dan berkualitas, Antusias rakyat ini, lanjut dia, diharapkan bisa menjadi instrumen yang dapat membantu masyarakat memperoleh pangan yang murah dan berkualitas.


Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Dirjen Hortikultura Kementan RI, Bambang Sugihartono mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan seluruh daerah di Tanah Air tidak terjadi kenaikan harga dan kekurangan kebutuhan pangan, termasuk di Kaltara.


Kaltara ini unik, karena harga pangan di sini relatif mahal jika dibandingkan dengan daerah lain. Kalau dibandingkan dengan di Jawa, sangat jauh.


Untuk di Kaltara, menggelar pangan murah untuk 12 komoditas, di antaranya beras, telur, bawang merah dan putih, capai dan minyak goreng. Dalam pelaksanaannya, jumlah komoditas yang diberikan agar harganya tidak terlalu mahal dengan timpang di Jawa.


“Tak hanya saat ini, jika pasca Lebaran harga pangan tinggi, kegiatan ini akan dilanjutkan lagi,” tuturnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, Heri Rudiyono mengatakan, promosi sangat mendukung kegiatan ini. Sebab, kegiatan ini sesuai dengan instruksi dari Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang. “Pesan Pak Gubernur itu, tolong sebelum Lebaran dipantau untuk stoknya,” kata Heri.


Dengan gelar pangan murah ini, beban pengeluaran masyarakat untuk mendapatkan atau membeli kebutuhan pokoknya dapat lebih ringan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama