Polsek Blahbatuh Terapkan Sipandu Beradat, Optimalkan Pengamanan Pitra Yadnya




Gianyar Blahbatuh-Dibentuknya Bantuan Keamanan Daerah - Bankamda, dan Forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat - Sipanduberadat, sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Keamanan Swakarsa, serta implementasi dari Pergub Bali Nomor 26 tahun 2020


Keberadaan dua lembaga di daerah ini diharapkan bisa mendukung keamanan nasional serta menyelesaikan konflik adat yang masih sering terjadi di daerah.


Bankamda dan Sipanduberadat juga diharapkan bisa mendukung program pemerintah dalam penanggulangan Covid 19, melalui pendekatan secara adat. Langkah ini juga diharapkan bisa diikuti oleh daerah lain terutama yang sering berhadapan dengan konflik adat.


Salah satunya dalam hal pengamanan kegiatan masyarakat.Implementasi dari itu, Polsek Blahbatuh melalui forum Sipandu Beradat melaksanakan pengamanan upacara Pitra Yadnya/Ngaben yang digelar di Pering, Kamis /22 September 2022.


Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H. membenarkan kegiatan pengamanan dan pengaturan lalu lintas hari ini dilaksanakan oleh Personelnya bersama Pecalang.Lebih lanjut dirinya menjelaskan Sipandu Beradat dan Kring Polri memiliki tujuan yang sama yakni menjaga keamanan.


Terpantau Personel Polri Polsek Blahbatuh bersama Pecalang setempat turun ke jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat meliputi kegiatan pengaturan lalu lintas dan parkir serta  mengawal rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir.


Ditambahkannya bahwa bahwa Pecalang merupakan bentuk pengamanan tradisional masyarakat Bali yang memiliki peran penting dalam menjaga wilayah adatnya."Kolaborasi kami dengan Pecalang dalam hal pengamanan dan Harkamtibmas terjalin sangat baik, Terlebih pada masa Pandemi ini peranan pecalang juga ikut mengingatkan warganya untuk tetap disiplin terapkan Prokes, tutup Kompol Tama.  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama