Kodim 1616/Gianyar Bentuk Kampung Pancasila



Gianyar - Kodim 1616/Gianyar membentuk Kampung Pancasila di Kelurahan Abianbase Kecamatan Gianyar, untuk menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara sekaligus sebagai media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas.


"Selama ini, Pancasila sudah menjadi pemersatu bangsa Indonesia. Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika dan insyaallah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," kata Pjs. Danramil 1616-01/Gianyar, Kapten Inf. Hengky Histoveri dalam rangka pencanangan  Kampung Pancasila di Kelurahan Abianbase Kecamatan Gianyar. Rabu (02/11/2022).  


Di tempat terpisah Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Hendra Cipta, S.Sos.,  menyampaikan latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. Kampung Pancasila sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Contohnya sikap toleransi antarumat beragama sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras serta adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila.


"Sementara tujuan dibentuknya Kampung Pancasila untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas, semakin menumbuhkan kerukunan antar

masyarakat karena penduduknya beragam, menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila," Pungkasnya.  **

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama