TNI Peduli Kesehatan, Babinsa 21/Purwosari Dampingi Imunisasi DT dan TT



Jatim - Dalam rangka mendukung program Pemerintah, Babinsa Koramil 0819/21 Purwosari Serda Sugito melaksanakan pendampingan dan membantu petugas Puskemas untuk Imunisasi TD kelas 1 dan imunisai TD kelas 2 dan kelas 5 DT di SD 1 Desa Kayoman Kecamatan Purwosari Kab. Pasuruan, Rabu (09/11/22).


Pelaksanaan imunisasi mulai dari klas 1,kelas 2 TD dan kelas 5 TD untuk pemberian imunisasi DT (Difteri Tetanus) dan TD (Tetanus Toxoid), Sebagai upaya untuk mencegah penyakit tetanus serta difteri.


Difteri adalah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejalanya berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan. Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf.


"Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa anak - anak,"Ungkap tenaga kesehatan Purwosari.


Babinsa Koramil 21/Purwosari Serda Sugito mengucapkan,"Kami sangat mengapresiasi kepada kader Posyandu sebagai penggerak kesehatan di wilayah secara maksimal dan dapat membantu pelaksanaan kegiatan ini, "Ucapnya.


“Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian tugas kewilayahan yang harus dilakukan Babinsa, dalam pelaksanaan imunisasi membawa pengaruh terhadap moril para siswa agar tidak merasa takut terhadap suntikan imunisasi, para siswa malah akan jadi lebih berani karena didorong oleh semangatnya,"imbuhnya.


"Pemberian imunisasi ini terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat, produktif dan untuk membangun SDM serta kesehatan tumbuh kembang anak, "Pungkasnya.  ***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama