Gelar Apel Kesiapan Pasukan Menyambut Pergantian Tahun



Gianyar - Bertempat di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar,Jln.Ngurah Rai Gianyar Kecamatan Gianyar, Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Eka Wira Dharmawan, S.A.P., M.Si. mendampingi Kapolres Gianyar dalam rangka apel kesiapan pengamanan malam tahun baru 2023. Sabtu (31/12/22).


Apel kesiapan pasukan dalam rangka pengamanan Malam Tahun Baru 2023 dipimpin oleh Kapolres Gianyar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K.,M.H. di dampingi Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf. Eka Wira Dharmawan, S.A.P., M.Si. dan Sekda Kab. Gianyar Sekda Kab. Gianyar, I Dewa Alit Mudiarta, S.E., M.M.


Kegiatan diawali laporan Komandan Apel kepada Pimpinan Apel kemudian dilanjutkan  dengan Amanat Pimpinan apel yang pada intinya menyampaikan Pertama-tama mari kita sama-sama mengucap syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa karena di sore yang cerah hari ini kita masih di berikan kesehatan untuk melaksanakan apel kesiapan pasukan pengamanan malam tahun baru 2023 di Wilayah Kabupaten Gianyar.


Apel kesiapan  pasukan yang dilaksanakan hari ini, merupakan tahapan untuk melakukan pengecekan akhir, terhadap kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukung yang akan digunakan dalam pelaksanaan tugas, serta keterpaduan unsur terkait dalam melaksanakan kegiatan pengamanan, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, khususnya pada saat  dan pasca perayaan malam tahun baru.


Perayaan pergantian tahun saat ini merupakan momentum penting setiap akhir tahun, yang mana tahun ini adalah tahun pertama yang kita rayakan setelah 2 tahun   di landa covid-19, di mana kita prediksi seluruh masyarakat akan merayakan dan menyambut malam tahun baru kali ini dengan euforia, yang mana juga diikuti dengan meningkatnya dinamika situasi Kamtibmas, sehingga memerlukan upaya dan langkah pengamanan secara komprehensif dari bukan saja dari aparat keamanan tetapi juga harus didukung oleh seluruh komponen masyarakat.


Penyambutan malam  tahun baru 2023 memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi  dan menjadi atensi khusus yang  diprediksi akan terjadi peningkatan  mobilitas dan intensitas kegiatan masyarakat, terutama di tempat jalan protokol, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, obyek wisata, serta jalur lalu lintas lainnya, yang puncaknya akan terjadi pada malam pergantian ini


Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan untuk dipedomani dan dilaksanakan, yaitu Petakan seluruh potensi kerawanan yang ada, supaya dapat segera dilakukan antisipasi, melalui deteksi dini dengan mengoptimalkan peran intelijen Bhabinkamtibmas, Babinsa dan seluruh stakeholder yang ada  untuk mengetahui segala fenomena dan dinamika masyarakat, guna mengantisipasi setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.


Kita sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Hindari penyimpangan dan pelanggaran sekecil apapun, yang dapat merusak citra dan nama baik institusi atau instansi, hindari tindakan yang dapat menimbulkan kebencian dan berdampak pada menurunnya kepercayaan publik, tingkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan terjadinya aksi teror di tempat – tempat ibadah, pusat keramaian, serta kegiatan masyarakat lainnya, yang memanfaatkan momen perayaan pergantian tahun.


Adapun hadir dalam Peserta Apel Kapolres Gianyar AKBP, I Made Bayu Sutha Sartana,S.I.K.,M.H., Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Eka Wira Dharmawan, S.A.P., M.Si., Bupati Gianyar diwakili Sekda Kab. Gianyar, I Dewa Alit Mudiarta, S.E., M.M., Para PJU Polres Gianyar, Kasat Pol PP Kab. Gianyar, Drs. I Made Warta, S.STpar.,MAP., Kepala BPBD Gianyar diwakili Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta dan Para Kapolsek Jajaran Polres Gianyar.  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama