Usulkan Koramil Tanjung Selor Di Ibu Kota Naik Status

  


Tanjung Selor, Koramil 0903-06/Tanjung Selor direncanakan naik status dari tipe B menjadi tipe A. Untuk itu, Kodim 0903/Bulungan akan melakukan kajian perencanaan terkait hal tersebut.


Dandim 0903/Bulungan Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro,S.IP mengatakan, secara administratif wilayah Bulungan terbagi menjadi 10 kecamatan. Hingga saat ini, baru tujuh Koramil yang terbentuk, yakni Koramil 0903-01/Tanjung Palas, Koramil 0903-02/Peso, Koramil 0903-03/Bunyu, Koramil 0903-04/Tanjung Palas Utara, Koramil 0903-05/Sekatak, Koramil 0903-06/Tanjung Selor dan Koramil 0903-07/Tanjung Palas Timur.


“Untuk di Tanjung Palas Barat, Peso Hilir dan Tanjung Palas Tengah masih berstatus Posramil.


Nantinya, secara bertahap tiga posramil ini akan diusulkan naik status menjadi koramil. Untuk saat ini, Kodim 0903/Bulungan masih menyimpan kebutuhan. “Semua akan dinaikkan statusnya. Tatapi, semua itu butuh proses,” ungkapnya.


Direncanakan, mulai tahun depan Kodim 0903/Bulungan akan membuat kajian yang berkaitan dengan kenaikan status Posramil menjadi Koramil. “Untuk Koramil 0903-06/Tanjung Selor, saya sudah mendapatkan Arahan khusus dari Bapak Danrem untuk membuat kajian untuk menaikan status Koramil dari tipe B ke tipe A,” bebernya.


Setelah naik tipe, maka dipimpin Danramil dengan pangkat Mayor. Usulan kenaikan ini dilakukan karena posisi koramil yang berada di perkotaan. “Biasanya, kalau Koramil itu berada di dalam kota maka harus tipe A,” ujarnya.


Untuk itu, Kodim 0903/Bulungan akan melakukan kajian terkait status kenaikan. Apalagi sampai saat ini belum ada koramil tipe A di wilayah Bulungan. “Semua koramil yang ada di wilayah Bulungan masih tipe B. Tapi, untuk Kodim 0903/Bulungan sudah tipe A,” ujarnya.


Menurutnya, hampir semua koramil yang berada di pusat kota telah berstatus tipe A. Namun, karena Koramil 0903-06/Tanjung Selor baru naik status dari posramil menjadi koramil maka baru mulai tahun depan dilakukan kajian. “Insyaallah, tahun depan kita sudah mulai melakukan kajian,” bebernya.


Nantinya, ada beberapa hal yang akan dikaji. Seperti, tugas dan tanggung jawabnya dan permasalahan yang ada di wilayah Koramil tersebut. “Permasalahan yang ada di setiap wilayah itu bisa berbeda-beda. Jadi, bagian itulah yang akan kami lakukan kajiannya,” ujarnya.


Nantinya, hasil kajian itu akan diusulkan ke Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman. Selanjutnya, kewenangan diserahkan sepenuhnya kepada pimpinan. “Tapi, Kita berharap usulan kenaikan tipe itu bisa disetujui,” ujarnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama