Viral Berita Penculikan Anak, Kapolsek Gianyar : Itu Berita Hoax



Gianyar-Polsek Gianyar, Viralnya berita / video di media sosial terkait penculikan anak yang terjadi di Desa Bakbakan Kecamatan Gianyar membuat masyarakat resah.


Mengantisipasi keresahan masyarakat, Kapolsek Gianyar Kompol I Ketut Tomiyasa, S.H., M.H. melakukan klarifikasi terhadap pemberitaan yang viral tersebut.


Dalam klarifikasinya, Kompol I Ketut Tomiyasa, S.H., M.H. mengatakan bahwa pemberitaan penculikan anak merupakan berita hoax.


"Saya selaku Kapolsek Gianyar menyatakan bahwa pemberitaan atau video yang beredar di media sosial tentang penculikan anak adalah tidak benar atau berita hoax" ujarnya, Kamis (9/2) pagi.


Ia menjelaskan bahwa kebenarannya masyarakat Desa bakbakan telah mengamanankan seseorang asal Jember melakukan mulung atau ngemis karena gerak geriknya yang mencurigakan kemudian diamankan warga.


"Kebenarannya adalah bahwa pada hari Selasa tanggal 7 Pebruari 2023 masyarakat Desa Bakbakan telah mengamankan seseorang dengan nama Cahyadi asal Jember yang mana Cahyadi ini berada di Desa Bakbakan melakukan aktifitas memulung atau mengemis" jelasnya.


Karena, Lanjutnya, gerak geriknya yang mencurigakan ini lalu masyarakat mengamankan yang bersangkutan. Kemudian setelah diamankan masyarakat menghubungi pihak kepolisian khususnya Polsek Gianyar untuk segera dibawa ke polsek Gianyar guna dilakukan pendalaman. 


"Hasil Pemeriksaan yang dilakukan oleh Unit Reskrim, sekali lagi dapat kami pastikan bahwa orang yang diamankan ini bukan pelaku penculikan anak melainkan diamankan karena melakukan aktifitas mencurigakan yaitu sebagai pemulung di wilayah Bakbakan dan saat ini yang bersangkutan sudah dikembalikan kepada keluarganya yang ada di Denpasar" tandasnya.


Sementara itu Perbekel Desa Bakbakan I Gde Indra Ari Wangsa, W.SH. menyatakan hal serupa bahwa berita atau video yang beredar di media sosial tentang penculikan anak adalah berita hoax.


"Saya Perbekel Desa Bakbakan menyatakan  berita yang beredar viral di media sosial yang menyatakan penculikan anak adalah berita hoax" ucapnya.


Perbekel Bakbakan pun berpesan kepada masyarakat untuk tidak resah karena tidak ada berita penculikan anak.


"Mohon kepada masyarakat untuk tidak resah karena itu tidak ada berita penculikan anak" tutupnya.  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama