Pengamanan Melasti Krama Blahbatuh Tua, Ribuan Krama Hadiri Prosesi



Polres Gianyar - Personel Gabungan Polres Gianyar dan Polsek Blahbatuh melaksanakan pengamanan Upacara Melasti Blahbatuh Tua di Pantai Sukaluwih dan Pantai Saba, Rabu/5 April 2023.


Ribuan krama dari 28 desa adat se-Blahbatuh Tua, sedari pagi telah memadati area Melasti.Berbeda dengan desa adat di Bali yang melaksanakan melasti sebelum Nyepi, 28 desa adat tersebut mempunyai tradisi Melasti setelah Nyepi yakni di Hari Purnama Kadasa.


Dalam kegiatan Melasti kali ini sebagai penanggung jawab perlengkapan prosesi upakara dan pelaksanaan kegiatan adalah Desa Buruan yang mana dalam rangkaian kegiatan dipuput oleh Ida Pedanda Istri Wayahan Buruan, Desa Buruan selanjutnya dilaksanakan persembahyang bersama.


Pengamanan rangkaian kegiatan dilaksanakan oleh personil Polres Gianyar dan Polsek Bahbatuh, dipimpin Kapolsek Blahbatuh sesuai dengan Sprin Kapolres Gianyar  dengan jumlah personil 84 ( delapan puluh empat ) pers yang di backup oleh pers dari TNI dan Pecalang masing - masing  Desa Adat Blahbatuh.


Kapolsek Blahbatuh mengatakan bahwa berkat sinergitas pengamanan TNI-Polri dan Pecalang seluruh rangkaian kegiatan Melasti berjalan dengan aman.


"Astungkara seluruh rangkaian kegiatan Upacara Melasti Blahbatuh Tua hari ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, Sinergitas TNI-Polri dan Pecalang melalui Sipandu Beradat mengawal dari awal hingga akhir, tandasnya.  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama