Ini Pesan Dandim 0903/Bulungan Saat Lepas Siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL)

  


Tanjung Selor, bentuk penghargaan yang setinggi – tingginya dari Kodim 0903/Bulungan buat anak-anak PKL (Praktek Kerja Lapangan) SMKN 2 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, karena hari ini dilaksanakan acara yang sangat sederhana, yakni pelepasan tugas terkait dengan berakhirnya Praktek Kerja Lapangan Siswa tersebut di Kodim 0903/Bulungan yang lansung oleh Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP didampingi Plh Pasi Pers Kodim 0903/Bulungan Kapten Inf Irmansyah serta ibu Guru.


Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP mengatakan Siswa-siswi Praktek SMK ini sejak tiga bulan lalu telah berbaur bersama keluarga besar Kodim 0903/Bulungan, bekerja menerapkan segala teori yang telah didapatkan di bangku sekolah, sehingga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru.


Para siswa yang berasal dari SMKN 2 Tanjung Selor menempuh pendidikan PKL di Kodim 0903/Bulungan dengan diberikan pembinaan latihan maupun pengisian beberapa materi pelajaran perkantoran seperti pengetahuan dan keterampilan administrasi perkantoran dan kedisiplinan serta bela negara.


Lebih lanjut mengatakan, bahwa PKL adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program kurikulum pendidikan di sekolah berupa teori dengan praktek lapangan untuk mendapatkan pemahaman dan pendalaman materi serta penambahan keterampilan/penguasaan keahlian tertentu yang diperoleh hanya dengan melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja. 


Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang diwajibkan sesuai kurikulum pendidikan SMK, dengan tujuan agar setelah lulus para siswa memiliki kemampuan dan sudah siap untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi ataupun langsung bekerja sesuai keahlian pada jurusan pendidikan yang telah ditempuh. Semua materi yang telah diperoleh agar benar-benar dipahami dan dimengerti serta diambil manfaatnya untuk dijadikan bekal dalam menempuh pendidikan selanjutnya.


Kegiatan ini juga merupakan upaya menciptakan pembentukan sikap disiplin dan kemandirian para siswa dalam menanbah pengalaman management di lingkup hankam. Dengan motivasi dan pengarahan yang maksimal diharapkan siswa dapat mendapatkan pengetahuan di lapangan, Semangat dan kegigihan dalam bekerja adalah modal utama dalam menunjang kesuksesan di masa yang akan datang.


Perwakilan siswa PKL, Rosawita, mengaku telah banyak menerima pelajaran yang sangat berarti terutama materi-materi yang belum didapatkan di sekolah serta menyampaikan ucapan terimakasih atas segala bimbingan dan ilmu pengetahuan yang telah diberikan selama mengikuti PKL di Kodim 0903/Bulungan.


Kami sangat bangga bisa melaksanakan PKL di Instansi Militer khususnya Kodim 0903/Bulungan, dimana kami dapat didikan disiplin yang tinggi, loyalitas dan kerjasama yang baik, tambahnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama