Karya Bakti Jumat Bersih Kodim 0903/Bulungan Peduli Pembersihan Obyek Wisata Gunung Putih

  


Tanjung Selor, Kodim 0903/Bulungan bersama Polres Bulungan dan instansi pemerintah serta warga masyarakat Tanjung Palas melaksanakan karya bakti Jumat bersih Kodim 0903/Bulungan Peduli pembersihan obyek wisata Gunung Putih yang berada di Desa Gunung Putih Kec Tanjung Palas, Kab Bulungan, Jumat (26/5/2023).


Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si yang memimpin langsung dilapangan mengatakan Gunung Putih merupakan ikon penting bagi Tanjung Palas, yang pada masanya dahulu merupakan ibukota salah satu kesultanan yang paling berpengaruh di Kalimantan Utara. Adapun yang membuat gunung putih menjadi salah satu objek wisata menarik yaitu karena keindahan alaminya berupa relief-relief yang mirip seperti pahatan seorang seniman. Selain itu, panoramanya yang cantik nan indah juga membuat siapapun takjub melihat keeksotisannya.


Gunung Putih merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi sekedar melepas lelah. Keindahan Gunung Putih memang sangat natural. Kita disuguhi keindahan pemandangan yang menyejukan mata, ada sungai kecil disisi gunung, kemudian bebatuan yang ukuran cukup besar serta pemandangan hijau yang menyenangkan.


Sebelumnya bangunan fasilitas penunjang yang terbengkalai, menjadikan obyek wisata Gunung Putih tidak lagi terawat, oleh sebab itu kita adakan karya bakti ini dengan pembersihan obyek wisata gunung putih dengan mengecat Gapura, membersihkan rumput, lumut dan sampah serta ranting pohon yang kering.


Menurutnya, obyek wisata Gunung Putih memiliki potensi wisata yang besar, karena dari puncak bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan indah Kota Tanjung Selor dan Tanjung Palas yang dibelah Sungai Kayan.


"Padahal ini viewnya dari atas bagus, bisa lihat Kota Tanjung Selor, Tanjung Palas, Sungai Kayan yang besar, sayang infrastukturnya kurang," tuturnya.


Mengunjungi kawasan ekologi hutan di atas bukit gunung kapur dengan relief alam di dindingnya,  jadi pilihan favorit warga Bulungan untuk mengisi liburan, Kawasan yang sebagian masih diselimuti vegetasi pepohonan tua tersebut memiliki sebuah mata air dan goa dengan ruangan besar di dalamnya.


Ia menilai Gunung Putih memiliki potensi untuk menjadi obyek wisata andalan namun terlihat kurang terawat, padahal jika dikelola dengan baik bisa menambah PAD (pendapatan asli daerah) dan menambah kesejahteraan masyarakat sekitar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama