Terima Pembekalan Sisbinlat, Ratusan Komandan Satuan Seluruh Indonesia Berkumpul di Makodam IX/Udayana


Denpasar - Sebanyak 184 Komandan Satuan yang menjabat sebagai Komandan Resimen (Danmen), Komandan Brigade (Danbrig), Komandan Grup (Dan Grup), Komandan Batalyon (Danyon) dan Komandan Skadron seluruh Indonesia, berkumpul di Aula Supardi Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Rabu (24/4/2024).


Para Komandan Satuan tersebut mendapatkan pembekalan Sistem Pembinaan Latihan (Sisbinlat) dari Staf Latihan Angkatan Darat (Slatad), Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Kodiklatad), Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) dan Pusat Pendidikan Jasmani (Pusdikjas).


Saat membuka kegiatan, Asisten Latihan (Aslat) Kasad Mayjen TNI Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang materi-materi latihan yang dimuat dalam sistem pembinaan latihan.


"Kegiatan ini kita selenggarakan guna penyamaan persepsi terkait materi-materi latihan yang dilaksanakan dalam membina latihan di satuan. Karena kita tahu bersama bahwa latihan itu adalah rohnya prajurit di Angkatan Darat dan TNI," ujar Aslat Kasad.


Selanjutnya, Aslat menyampaikan pokok-pokok kebijakan Kasad, yaitu pertama bertransformasi bidang latihan dengan sistem blok, kedua memberdayakan Latihan Dalam Satuan (LDS), ketiga melaksanakan latihan bela diri, dan keempat optimalisasi diplomasi militer.


Sebelum mengakhiri arahannya, Aslat menekankan agar seluruh peserta mengikuti pembekalan ini dengan seksama dan penuh perhatian, kemudian agar latihan di satuan dilaksanakan dengan serius dan maksimal dengan mempedomani Proglatsiapops Sistem Blok dan Siapops yang sudah disusun masing-masing satuan.


"Para Dansat agar berinovasi dan berkreatifitas dalam melaksanakan latihan di satuan. Laksanakan latihan Drill secara berulang-ulang bagi pajurit di satuan sebelum latihan dimulai dan siapkan kader-kader pelatih yang handal di satuan," demikian tegas Aslat Kasad.


Sementara itu, Wakil Kepala Staf (Wakasad) Letjen TNI Tandyo Budi Revita, dalam arahannya menyampaikan bahwa program-program unggulan Kasad tentang swakelola agar dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat dan prajurit.


Terkait dengan pemenuhan personel, Wakasad berharap kepada para Dansat agar memberikan saran ke Komando Atas apabila dalam TOP sudah tidak sesuai dengan di medan operasi.


"Mengingat begitu pentingnya kegiatan ini, maka saya menekankan kepada seluruh peserta yang hadir agar manfaatkan forum ini untuk bertukar pikiran guna kemajuan organisasi TNI AD pada umumnya dan satuan masing-masing pada khususnya," demikian tegas Wakasad.


Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Dankodiklatad, Waaslat Kasad, Kadispenad, Danpusdikjasad, Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapoksahli Pangdam IX/Udy, Paban 3 Slatad, Paban 4 Slatad, Asrendam IX/Udy, Aster Kasdam IX/Udy, Kapendam IX/Udy. (Pendam IX/Udy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama