Rumkital dr. Ramelan Gelar Latihan Kesehatan Tingkat III



SUARABAYA - Dalam rangka meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit kesehatan guna melaksanakan dukungan kesehatan baik saat operasi maupun latihan, Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Ramelan Surabaya menyelenggarakan Latihan Kesehatan (Latkes) Tingkat III Tahun 2018.

Latihan Kesehatan Tingkat III Tahun 2018, diikuti 53 peserta terdiri dari personel Rumkital Dr. Ramelan, Diskes Koarmada II, Diskes Lantamal V, Yonkes-2 Marinir, Rumital Dr. Oepomo, Rumkitmar Ewa Pangalila, Rumkital Dr. Soekanto Jahya.

Metode pembelajaran yang disampaikan dalam latkes tingkat III meliputi pembelajaran teori dan pembelajaran praktek lapangan. Dimana materi difokuskan pada pertolongan darurat lapangan meliputi penanganan korban fraktur akibat kecelakaan, korban luka tembak, korban nyaris tenggelam, bantuan hidup dasar serta evakuasi medis darat, laut dan udara.

“Diharapkan dengan dilaksanakan Latihan Kesehatan Tingkat III ini, para personel kesehatan dapat meningkatkan kecepatan, ketepatan dan kemampuannya dalam melakukan pertolongan pertama pada korban, serta mampu dalam mengintegrasikan beberapa satkes atau faskes dalam satu wilayah dengan melibatkan SSAT aktif secara partial dalam rangka melaksanakan dukungan kesehatan pada operasi dan latihan TNI Angkatan Laut” disampaikan Kolonel Laut (K) dr. I. Ketut Tirka Nandaka, Sp.KJ (K) selaku Kalagiat

Kegiatan Latihan Kesehatan Tingkat III diakhiri dengan simulasi pertolongan darurat lapangan terhadap korban didalam kapal yang dilaksanakan di KRI Yos Sudarso yang tengah bersandar di Dermaga Ujung Koarmada II dan Praktek Lapangan Evakuasi Medis Udara yang dilaksanakan di Skuadron 400 Puspenerbal Juanda Surabaya.

(Dispenal)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.