Kuliner Khas Turki, Enak Gak Ya?

 Baklava

Roti manis yang satu ini memanglah mustahil dilewatkan saat Anda tengah berada di Turki. Baklava merupakanroti lapis berisi kacang yang dihidangkan bersama madu atau sirup. Baklava paling serupa dengan bolen pisang yang ada di Indonesia. Roti yang satu ini pun gampang ditemukan di toko-toko kue yang ada di Turki.



Borek

Sekilas tampilan Borek terlihat paling serupa dengan Baklava. Hanya saja bila Baklava berisi kacang serta mempunyai rasa yang manis, Borek ini berisi keju, daging cincang, serta sayuran berupa bayam atau kentang. Beragam bahan tersebut menciptakan borek mempunyai rasa yang gurih.

Meskipun penampilannya hampir sama, teknik menciptakan Borek berbeda dari Baklava. Borek umumnya dipanggang langsung atau direbus terlebih dulu sebelum dipanggang. Di samping itu, saya dan anda bisa pun memilih Borek kering gurih atau Borek basah yang empuk serta lumer di dalam mulut. Sebelum dihidangkan, bagian atas Borek juga ditaburi dengan wijen hitam.


 Dolma

Penampilannya tidak banyak serupa lemper khas Indonesia. Akan tetapi, bila lemper dibungkus dengan daun pisang, maka daun sebagai pembungkus makanan ini dapat di makan. Nama kuliner khas Turki ini yaitu Dolma.

Sayuran yang umum dipakai untuk membuat Dolma ini yaitu terong, paprika, tomat, kol serta daun anggur. Isi dari dolma ini yaitu nasi serta daging yang dicincang. Lalu, dolma akan di kukus sampai matang sebelum dihidangkan.






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.