Mengenal Kampung Setan Di Kota Banjar



Bagi penduduk kelurahan Purwaharaja, Kota Banjar Ciamis, Jawa Barat, misteri dusun siluman atau dusun setan bukanlah urusan baru.

Berdasarkan keterangan dari penuturan penduduk setempat, asal awal nama dusun tersebut menurut kisah orang tua zaman dahulu. Konon pada zaman Belanda, semua penjajah menyaksikan dari kejauhan perkampungan ini, dan terlihat paling ramai.

Namun sesudah didatangi, dusun yang dituju ternyata melulu sebuah hutan belantara di tengah perbukitan. Warga sekitar pun pernah merasakan kejadian mengherankan yakni menyaksikan pemukiman yang paling ramai disekitar pulau Majeti, dimana seluruh bangunannya megah, jalanannya bagus dan ada lampu neon yang panjangnya selama 2 meter.

Pendapat yang bertolak belakang dituturkan oleh kuncen Pulau Majeti bahwa semua kisah bahwa asal-usul nama dusun Siluman tidak terdapat yang tahu persis. Namun menurut keterangan dari kepercayaannya bahwa zaman dahulu terdapat orang yang dapat nyilem atau beralih ke alam lain, maka dari tersebut kampung ini disebut dusun siluman.  (sumber: 7terbaik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.