Babinsa Banyuroto Nanggulan Kulon Progo Bantu Petani Panen Padi




Kulon Progo. Tribunusantara.com  -  Serka Sudirman, Babinsa Banyuroto, melaksanakan Giat  Upsus Swasembada Pangan dengan membantu petani melakukan pemanenan padi di lahan persawahan Dusun Ngangin Angin, Desa Banyuroto, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (04/04/2019).

Lahan persawahan yang saat ini sedang panen adalah lahan milik Kelompok Tani “Tekad Makmur” yang diketuai oleh Drs. Harjiana. Sawah berada didekat perkampungan, sehingga dalam pelaksanaan perontokan gabah dilakukan di tempat teduh.  Perontokan gabah dilakukan dengan menggunakan alat “erekan” yang sudah dirangkai dengan mesin.  Dengan alat ini perontokan padi lebih cepat dan mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga, sehingga dapat menghemat biaya.

Lahan di wilayah ini merupakan lahan terasiring, karena berada didataran tinggi.   Meski demikian berkat kerja keras para petani dan adanya pendampingan dari PPL dan Babinsa mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman dan perawatan, tumbuhan padi tumbuh subur dan berproduksi dengan baik, tutur Babinsa.  (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.