Babinsa Nomporejo Bersama Petani Tanam Kedelai




Kulon Progo.  tribunusantara.com  -  Kamis, 16 Mei 2019, Kopka Sahid Widodo, Babinsa Nomporejo, Koramil Galur, Kodim Kulon Progo, melaksanakan pendampingan terhadap Bapak Suwarjo, Anggota Kelompok Tani “Bina Tani II”, melakukan penanaman kedelai di Bulak Gandu, Desa Nomporejo.

Lahan persawahan seluas satu hektar milik Anggota Poktan “Bina Tani II” yang diketuai oleh Bapak Kasijan, berlokasi di Bulak Gandu, pasca panen padi Musim Tanam 2 (MT.2), langsung ditanami kedelai.  Hal ini dilakukan karena tanah masih empuk dan lembab, sehingga diharapkan benih dapat segera tumbuh.

Jenis kedelai yang ditanam adalah  Varietas Grobogan, karena lebih bagus dan cocok ditanam di lahan ini, kata pemilik lahan.  Penanaman diawali dengan pembuatan lubang dengan jarak tertentu, menggunakan “ponjo” / kayu yang diruncingkan ujungnya.  Pada lubangplubang tersebut selanjutnya ditaruh biji kedelai dua sampai empat, dengan maksud agar kalau ada salah satu yang tidak tumbuh masih ada cadangannya, demikian diinformasikan Babinsa. (Pendim 0731/KP).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama