Header Ads

Babinsa Tirtorahayu Membantu Penyiangan Tanaman Kedelai




Kulon Progo. Selasa (11/06/2019), Sertu Antar Suwantoro, Babinsa Tirtorahayu, Koramil Galur, Kodim Kulon Progo, melaksanakan pendampingan terhadap petani yang sedang menyiangi tanaman kedelai di lahan persawahan Dusun Trayu, Desa Tirtorahayu.

Penyiangan tanaman kedelai dilakukan di lahan milik salah seorang Anggota Kelompok Tani “Sido Makmur II” Desa Tirtorahayu.   Tanaman kedelai yang mulai tumbuh, juga dibarengi tumbuhnya rumput liar, sehingga perlu dibersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhannya.   Pembersihan dilaksanakan dengan cara mencabuti rumput-rumput liar tersebut, terutama yang tumbuh menempel dengan tanaman kedelai.

Luas lahan persawahan Poktan “Sido Makmur ll” kurang lebih 5 hektar, berlokasi di Dusun Trayu, Desa Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo.  Lahan tersebut saat ini ditanami kedelai varitas Grobogan. Kedelai merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam Program Upsus Swasembada Pangan (Upsus Pajale), selain padi dan jagung.  Oleh karena itu perlu adanya pendampingan mulai dari penanaman, saat perawatan sampai dengan pemanenan, agar tanaman kedelai tumbuh dengan subur, sehingga dapat menghasilkan kedelai yang melimpah. (Pendim 0731/KP)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.