Pgs Kasdim 0808/Blitar Peringatan Hari Kelahiran Pancasila




Blitar – Pgs Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Leo Eustatius Paurakan, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila pada tanggal 1 Juni 2019 yang digelar di lapangan Upacara Kodim 0506/Tgr, bertempat di Halaman Makodim 0808/Blitar Jl. Ahmad Yani No. 06 Kota Blitar, Sabtu (01/06/2019).

Pgs Kasdim 0808/Blitar Mayor Inf Leo Eustatius Paurakan saat membacakan Plt Kepala BPIP RI, Hariyono mengatakan, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia mengungkapkan, Pancasila mampu menyatukan kita sebagai satu bangsa dan hidup dalam NKRI. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia, ujarnya.

Lanjut Peringatan hari kelahiran Pancasila tak bisa dipisahkan dari perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945. “Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Proses internalisasi juga sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus, serta harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Berkat Pancasila keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,” tegasnya (Red).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.