Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Kodim 0731/Kulon Progo





Kulon Progo. Sabtu, 1 Juni 2019, pukul 08.00-08.30 WIB, bertempat di Halaman Makodim 0731/Kulon Progo, dilaksanakan Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md. (Dandim 0731/Kulon Progo), Komandan Upacara Kapten Inf Suhut (Danramil Galur), Perwira Upacara Kapten Czi Purnama (Pasipers Kodim 0731/Kulon Progo).  Peserta Upacara terdiri dari Perwira, Bintara/Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Kodim 0731/Kulon Progo.
Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi  Pancasila RI Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang dibacakan Inspektur Upacara Letkol Dodit Susanto, A.Md. (Dandim 0731/Kulon Progo) sebagai berikut :  Pada hari ini, Sabtu 1 Juni 2019 kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila.  Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan "Tanah Air Indonesia". Kesatuan gugusan pulau yang berada di antar dua Samudra Pasifik dan Hindia, serta di antara dua benua Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaiman dalam konsep wawasan nusantara. Di wilayah nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam. Keberagaman secara natural merupakan karakateristik dari keindonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Kita Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman.
Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "Pendiri Bangsa" merupkaan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagian bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.
Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia .
Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "Politik Harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.
Berikutnya Irup membacakan sambutan Panglima Kodam IV/Diponegoro pada Apel Bersama seluruh personel Kodam IV/Diponegoro (Jum’at, 31 Mei 2019) di Lapangan Upacara Makodam IV/Dip yang intinya antara lain : dalam rangka Idul Fitri 1440 H, segera atur cuti bagi seluruh personel, bagi yang melaksanakan PAM agar dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab, agar faktor keamanan diutamakan dan gunakan momen Idul Fitri untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan keluarga, kerabat dan sanak saudara.
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Kodim 0731/Kulon Progo, berlangsung dengan tertib dan aman.  (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.