Header Ads

Bupati Cilacap Membuka Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Cimrutu



Cilacap, Jateng   - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2019 seyogyanya akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 11 Juli 2019 mendatang. Namun dikarenakan ada kegiatan penting yang akan dilaksanakan pada hari yang sama, maka pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0703/Cilacap diajukan.

Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji selaku Inspektur upacara,  secara resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2019 yang diselenggarakan Kodim 0703/Cilacap di Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, Selasa (10/7/2018).

Pada upacara tersebut, Dandim 0703/Cilacap melalui Pasiter Kapten Inf. Marjono membacakan laporan kesiapan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2019 serta sasaran yang harus dicapai pada kegiatan TMMD yang meliputi sasaran fisik maupun non fisik. Untuk sasaran fisik meliputi Pembangunan Talud volume 1.531 M, Pembangunan MCK 2 Unit dan
Rehab RTLH sebanyak 20 Unit.

Sedangkan sasaran kegiatan Non Fisik TMMD meliputi Pelayanan Pengobatan Gratis, Pelayanan KB, Pelatihan pengolahan pangan lokal, Pembuatan akte kelahiran gratis dibawah 1 tahun, Penyuluhan penanganan hama, kebencanaan, Bela Negara, Narkoba, dan penyuluhan PBB dan masih banyak yang lainnya termasuk didalamnya berupa bantuan yang datang dari SKPD, BUMN dan BUMD.

Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap menandatangi surat penyerahan proyek TMMD kepada TNI dalam hal ini Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian sekaligus memberikan alat pekerjaan secara simbolis kepada perwakilan Satgas TMMD dan masyarakat.

Dalam amanatnya, Bupati Cilacap menyampaikan bahwa melalui TMMD kita bisa bersinergi bahu membahu dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan kedaulatan pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara baik, memberantas narkoba, memperkuat  semangat nasionalisme dan patriotisme.

TMMD juga mampu meneguhkan semangat kebersamaan dan
menyajikan karya nyata bagi kemajuan dan kemaslahatan masyarakat. Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui TMMD seperti ini dapat menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi.

TMMD  telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong dalam pembangunan. Semua bahu membahu memberikan sumbangan pikiran ide dan gagasan sumbangan tenaga dan ketrampilan sumbangan material dan kebendaan.

Bupati juga mengatakan, TMMD Sengkuyung ini memiliki tujuan membangun tanpa mengurangi kearifan lokal dan mengurangi angka kemiskinan. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut menyengkuyung program ini.

"Mari kira sukseskan program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa.
Bangun desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. Hal ini tentunya sejalan dengan kebijaksanaan Bangga Mbangun Desa.

Upacara diakhiri dengan do'a dan penyerahan secara simbolis bantuan bantuan kepada perwakilan warga dan selanjutnya mengunjungi beberapa stand produk unggulan Desa Cimrutu oleh bupati didampingi Kasdim, Camat Patimuan, Kapolsek Patimuan, dan Kepala Dinas instansi lainnya. (UriP)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.