Header Ads

Hari Kedua Latpam VVIP Kodam IX/Udayana, Mantapkan Pertempuran Jarak Dekat





Badung, Bali, tribunusantara.com  - Memasuki hari kedua kegiatan latihan Pengamanan VVIP Kodam IX/Udayana TA. 2019 yang dilaksanakan selama lima hari tersebut, diskenariokan pada latihan penyelamatan VVIP di darat oleh Satgas Pengamanan VVIP dari Satuan Yonif Raider 900/SBW, Yonif Mekanis 741/GN dan Denkav 4/SP, bertempat di Mako Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasopati, Tuban, Kabupaten Badung.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., dalam siaran persnya pada Rabu (10/7) di Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Lebih lanjut Kapendam menyampaikan, bahwa skenario yang telah disiapkan oleh penyelenggara dan seluruh pelatih yang terlibat dalam latihan VVIP pada hari kedua ini dilaksanakan sesuai dengan materi seperti Pengetahuan dan Keterampilan yang meliputi pembekalan sebagai Danpamplek, Operasional dan Mekanisme Pengamanan VVIP serta materi keterampilan bagi personel Pengamanan Tempat Acara (Instalasi).

Khusus materi Pengamatan dan Penyelamatan (Mattan) yang dilaksanakan di Denkav 4/SP yaitu melatihkan keterampilan bagaimana melaksanakan pelolosan tamu VVIP dalam ruangan serta Pertempuran Jarak Dekat. Secara khusus, ini adalah pertempuran kecil di sebuah tempat yang penuh sudut, semisal di dalam rumah, di dalam gedung, atau di dalam pesawat terbang. Pertempuran semacam ini biasanya hanya membutuhkan sedikit personel dengan persenjataan yang juga tidak bersifat merusak, seperti pistol, pistol mitraliur, granat asap, pisau, atau pedang.

Pertempuran ini memiliki fundamentalnya sendiri. Tidak asal-asalan seperti main petak umpet. Apalagi, musuh bisa saja datang dari sudut-sudut ruangan yang tak terduga, para personel PJD harus siap melakukan pertarungan secara sigap,” terang Kapendam mengakhiri siaran persnya. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.