Header Ads

Kasdim 0404/Muara Enim Dampingi Bupati Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP200





Muara Enim, Sumsel - Komandan Kodim 0404/Muara Enim Letkol Inf Syafruddin diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Surobin mendampingi Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, M.M. melakukan panen raya padi sawah tadah hujan IP200 di Desa Tanjung Jati Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim, Rabu (10/7/2019).

Bupati Muara Enim mengungkapkan, bahwa panen raya padi sawah tadah hujan ini merupakan bagian dari dukungan Pemkab Muara Enim untuk mewujudkan program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat. “Selama ini Indonesia merupakan negara produksi beras, ini yang harus dijaga dan dipertahankan. Jangan sampai suatu saat nanti Indonesia membeli beras dari luar. Sehingga kedepan Muara Enim tetap menjadi daerah penyangga pangan di Provinsi Sumsel”, ungkap Bupati.

Bupati berpesan kepada para petani untuk bisa memanfaatkan lahan sebaik mungkin, bahkan harus diupayakan untuk bisa melakukan panen raya dua kali dalam setahun. Kemudian selain menanam padi, bisa memanfaatkan waktu selang usai panen untuk menanam yang lain seperti tanaman palawija. “Usai panen bisa ditanam palawija, setelah itu baru menanam kembali ini lebih bermanfaat, ini semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kab. Muara Enim Ir. H. Kani Daah, M.M. mengatakan, luas lahan panen raya kali ini mencapai 132,25 hektar dengan hasil panen rata-rata mencapai 5,5 ton per hektar. “Harapan kita, hasil panen raya kali ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, guna mewujudkan tujuan kita sesuai dengan tema yaitu tingkatkan swasembada pangan dan kesejahteraan petani untuk menunjang pengembangan budaya lokal menuju Muara Enim agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera”, pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan panen raya tersebut Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM, Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH, Kabagum Rindam II/Swj Letkol Inf Dr. Imam Syafe'I, SH,MH, Pasiter Kodim 0404 Kapten Inf R. Sitohang, Pasi Intel 141/AYJP Letda Inf Arapah, Kadistan Muara Enim Ir. H. Kani Daah, MM, Kadishub Muara Enim Drs. H. Riswandar, SH.MH, Kadisbun Muara Enim Ir. H. Mat Kasrun, Camat Muara Enim Drs. H. Asarli Manudin, Msi, Kades Tanjung Jati Bpk Sarjuni dan Gapoktan beserta masyarakat.  (pen)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.