Kodim 0703/Cilacap Bersama Pemda Gelar Rakor Persiapan Pembukaan TMMD




Cilacap, Jateng  - Jelang dibukanya kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2019 di Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan, Kodim 0703/Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan TMMD Sengkuyung II dengan Instansi terkait di Aula Satya Kartika Kodim setempat, Selasa (2/07).

Rakor tersebut dipimpin oleh Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Arifin SR, S.H., M.M. serta diikuti oleh Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Marjono, Pjs. Danramil 12/Kedungreja Kapten Inf Saidin, SKPD, BUMN/BUMD, Forkompincam Patimuan serta Kepala Desa Cimrutu.

Tujuan digelarnya rapat ini untuk menginformasikan secara umum kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II sekaligus mempersiapkan pelaksanaan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung II Tahun 2019 di Desa Cimrutu yang direncanakan akan dibuka pada tanggal 10 Juli 2019 mendatang. Dalam Rakor tersebut juga meminta informasi Program/Kegiatan SKPD, BUMN/BUMD, SWASTA yang dapat disinkronkan dalam mendukung pelaksanaan TMMD serta menginformasikan rencana kegiatan baik fisik maupun non fisik.

Dalam sambutannya, Dandim 0703/Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian mengemukakan bahwa kegiatan TMMD ini merupakan program Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Desa Cimrutu dipilih dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti keterbatasan infrastruktur dan sarpras. Menurut Kasdim, Kegiatan TMMD dinilai sebagai sarana mendukung pelaksanaan pembangunan nasional melalui percepatan pembangunan daerah yang berbasis pembangunan penduduk kewilayahan.

Selain itu, kegiatan TMMD ini juga sebagai sarana untuk mendorong peningkatan kehidupan bermasyarakat melalui upaya peningkatan sarana umum yang bisa mendukung kelancaran aktifitas perekonomian serta mendorong akses masyarakat dalam hal pendidikan, kesehatan dan pembangunan, meningkatkan kualitas hidup dan daya saing pendapatan melalui pemberian penyuluhan, ketrampilan dan bintek.

” Kita membuka adanya masukan ataupun program dan juga bantuan-bantuan dari seluruh instansi maupun stake holder yang ada di Kabupaten Cilacap untuk nantinya bisa disinergiskan dengan kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II di Desa Cimrutu yang akan dibuka tanggal 10 Juli 2019 mendatang.” Kata Kasdim.

Sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan TMMD di Desa Cimrutu meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik meliputi Pembangunan Talud volume 1.531 M, Pembangunan MCK 2 Unit dan
Rehab RTLH sebanyak 20 Unit.

Sedangkan sasaran kegiatan Non Fisik TMMD meliputi Pelayanan Pengobatan Gratis, Pelayanan KB, Pelatihan pengolahan pangan lokal, Pembuatan akte kelahiran gratis dibawah 1 tahun, Penyuluhan penanganan hama, kebencanaan, Bela Negara, Narkoba, dan penyuluhan PBB. Selain itu juga Pelatihan service elektronik, pembuatan pupuk, pengolahan industn kecil dan pengemasan produk, serta Sosialisasi OPD baru dan Trambibbummas dan Bantuan alat pertanian, alat pengemasan produk, benih ikan dan lain-lain.

( Urip)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama