Header Ads

Tumbuhkan Jiwa Bela Negara, Kodim Bangli Sosialisasikan Saka Wira Kartika




Bangli, Bali - Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak untuk meningkatkan kesadaran atau jiwa bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian dikatakan Pasiterdim 1626/Bangli Kapten Chb Komang Gita saat melaksanakan Sosialisasi Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1626/Bangli di sekolah-sekolah SMA/SMK se Bangli yang diawali di SMA Negeri 1 Susut, Rabu (17/07) kemarin.

"Dalam rangka menumbuhkan minat di bidang kepramukaan yang tergabung dalam Saka Wira Kartika pihaknya melaksanakan sosialisasi dari sekolah ke sekolah yang lain", paparnya.

Sementara itu Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto, M.Sc., menyampaikan kegiatan Saka Wira Kartika Kodim 1626/Bangli merupakan kegiatan program yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk karakter, mental dan disiplin generasi muda utamanyavpelajar agar memiliki rasa kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat.

"Para pelajar harus memiliki wawasan kebangsaan yang baik dan tetap melakukan hal-hal yang positif dalam pergaulannya sehari-hari", ungkap Letkol Andy.

Lebih lanjut menurut Dandim kegiatan Pramuka merupakan kegiatan non formal yang dilaksanakan di luar sekolah. Disini pelajar diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri, berjajar berorganisasi serta mengenal alam bebas.

Disamping itu juga, pelajar diberikan kesempatan untuk berinovasi, belajar keterampilan serta kegiatan lain yang tidak didapat di sekolah.

"Hal ini tentunya dapat dijadikan mementum untuk membekali diri sehingga menjadi generasi muda yang tangguh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara", tegas Dandim.

Pada kegiatan tersebut acara diisi dengan pengenalan 5 Krida oleh Batiwanwil Staf Teritorial Kodim 1626/Bangli Peltu Ketut Suarta diantaranya Krida Navigasi Darat, Krida Pionir, Krida Montenering, Krida Survival dan Krida Bencana alam. (Kodim 1626/Bangli)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.