Header Ads

Upacara Adat Baritan Sendang Klampok Sentolo Kulonprogo




Babinsa Tuksono Laksanakan Monitoring Upacara Adat Baritan


Kulon Progo.  Serka Ngatijan, Babinsa Tuksono, Koramil 07/Sentolo, Kodim 0731/Kulon Progo, bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Tuksono, pada hari Minggu, 14 Juli 2019, melaksanakan monitoring Upacara Adat Baritan, yang dilangsungkan di Sendang Klampok Dusun Gunungduk, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo.

Rangkaian acara dimulai dengan Kirab Gunungan dari Perempatan Makam Dusun Gunungduk menuju Sendang Klampok, untuk selanjutnya dilangsungkan acara ritual adat diawali dengan : Doa Pembuka, Sambutan Kepala Desa Tuksono, Pembacaan  Nadhar/Rasullan oleh 38 orang, Amaliah Tahlil, Doa Penutup dan ramah tamah sambil menyaksikan Pentas Kesenian Ledhek dan Jathilan .

Hadir dalam acara tersebut : Kepala Desa dan Perangkat Desa Tuksono, Ketua BPD Desa Tuksono beserta anggota, Ketua Desa Budaya Tuksono, Kadus se-Desa Tuksono, Tokoh Adat dan Budaya serta ratusan warga masyarakat Desa Tuksono.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka : Syukuran Hasil Bumi, Luaran Nadzar dan Nguri-uri Adat dan Budaya Jawa yang ada di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo agar tetap lestari.  (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.