Header Ads

Bertemakan 'TNI Profesionalisme Kebanggaan Rakyat', Kodim Gianyar Juarai Lomba Lukis Tingkat Korem




Denpasar, Bali - Kemampuan para pelukis muda perlu diasah sehingga mampu menghasilkan karya-karya yang baik yang bernilai seni tinggi.

Untuk mewadahi hal tersebut maka dalam rangka menyambut Hut Ke 74 TNI Tahun 2019, digelar lomba melukis tingkat SMA atau SMK.

Untuk tingkat Korem 163/Wira Satya telah dilakukan penilaian terhadap lukisan-lukisan yang melibatkan peserta Pelajar SMA atau SMK yang menjadi duta atau perwakilan Kodim Jajaran Korem 163/Wira Satya, Rabu (21/08), bertempat di Aula Kantor Persit KCK Koorcab Rem 163.

Koordinator kegiatan, Perwira Seksi Komunikasi Sosial Staf Teritorial Korem 163/Wira Satya Mayor Inf I Gusti Made Sweda mengatakan, ada sepuluh lukisan yang berasal dari Wakil Kodim Jajaran 163/Wira Satya yang dinilai oleh Tim Juri dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Kemudian kegiatan lomba lukis tersebut bertemakan "TNI Profesionalisme Kebanggaan Rakyat".

"Untuk lukisannya sendiri harus menampilkan kebersamaan dan sinergitas antara TNI dengan rakyat ", ungkap Mayor Sweda.

Setelah Tim Juri yang terdiri dari I Made Oka Mardiadinata dan I Putu Adi Putra Wiwana melakukan penilaian, diadapatkan tiga peserta terbaik, yaitu, Juara I Wakil dari Kodim 1616/Gianyar, M. Rafli Ramdhani Nataprawira, Pelajar Kelas XII SMK Negeri 1 Sukawati. Juara II Wakil Kodim 1609/Buleleng Putu Dea Indah Kartini, Pelajar Kelas XII SMA Negeri Bali Mandara. Serta Juara III Wakil Kodim 1610/Klungkung Tjokorda Gede Agung Bisma, Pelajar SMA Negeri 2 Klungkung.

Dalam penjelasannya Tim Juri I Putu Adi Putra Wiwana mengatakan kriteria penilaian didasarkan pada kesesuaian lukisan dengan tema "TNI Profesionalisme Kebanggaan Rakyat. Kemudian visual yang meliputi teknik pewarnaan, karakter, kretifitas, goresan warna dan juga estetika.

Berdasarkan pada semua kriteria tersebut maka Tim Juri memutuskan lukisan Wakil Kodim 1616/Gianyar menjadi yang terbaik, yang dilukis oleh M. Rafli Ramdhani Nataprawira.

"Semua kriteria terpenuhi termasuk menunjukan teknik dan goresan pewarnaan yang bagus serta kreatifitasnya matang lebih dari karya lukis biasanya", ungkap Putu ketika memberikan alasan terhadap penilaian lukisan terbaik tersebut.

Dirinya menyambut positif lomba seperti ini yang diselenggarakan dalam rangka Hut Ke 74 TNI, karena bisa menjadi wadah pembinaan bagi pelukis pemula seperti para pelajar serta berharap akan berkesinambungan pelaksanaannya.

Dikonfirmasi lebih lanjut Mayor Sweda menjelaskan bahwa lukisan terbaik akan dilanjutkan pada penilaian tingkat Kodam IX/Udayana yang bersaing dengan wakil terbaik dari Korem 161/Wira Sakti dan Korem 162/Wira Bhakti.

"Semoga juga wakil dari Korem 163/Wira Satya menjadi yang terbaik", harap Mayor Sweda. (Penrem 163/WSA)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.