Header Ads

Dandim 0703/Cilacap Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Surengrono Jeruklegi




Cilacap, Jateng - Jelang Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019, segenap unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Surengrono Jl. Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Sabtu (17/8).

Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang berlangsung pada tengah malam itu, merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan untuk mengenang arwah dan jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Apel tersebut dihadiri oleh unsur TNI, POLRI, Pemda Kabupaten Cilacap, Ormas, Pramuka. Bertugas sebagai Tim Korsik dari SMP Muhammadiyah 2 Cilacap.

Dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) selaku inspektur upacara memberikan penghormatan kepada pahlawan yang dikenal maupun tak dikenal yang bersemayam di Taman Makam Pahlawan Surengrono dan diikuti oleh seluruh peserta Apel serta membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

" Kami bersumpah dan berjanji, Perjuangan saudara-saudara semua adalah perjuangan kami juga dan jalan bakti yang ditempuh saudara adalah jalan kami juga, " kata Dandim 0703/Cilacap seraya mendoakan semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan di tempat yang sebaik-baiknya.

Selain mengheningkan cipta, dilakukan pula penyalaan obor, pembacaan doa serta ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. Dalam renungan suci tersebut, juga dinyalakan lilin kecil yang dipasang di masing-masing makam.

Upacara yang berlangsung pada pukul 00.00 wib tersebut berlangsung Khidmat, dengan melakukan penghormatan dan mendoakan kepada para pahlawan yang sudah mendahului agar amal Ibadahnya diterima dan di tempat yang sebaik-baiknya di sisi-Nya.

(Urip)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.