Header Ads

Polres Trenggalek Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74




Jatim, Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di halaman Mapolres. Sabtu (17/08).

Uniknya, seluruh perangatkat upacara merupakan anggota Polisi Wanita atau Polwan baik dari Polres maupun Polsek jajaran.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakapolres Trenggalek Kompol Wiji Rahayu, S.H., Perwira upacara dijabat oleh Kompol Siti Munawaroh, S.H. Sedangkan Komandan upacara dipercayakan kepada Aiptu Ni Luh Ketut Mahayuni, S.E. yang juga menjabat sebagai P.S. Paurminpers II Bagsumda Polres Trenggalek.

Sementara sebagai pengibar bendera merah putih adalah Bripda Risky Lovita Sari, Bripda Rimma Agustin Puji Larasati dan Bripda Rizky Intan S. Pembaca Undang-undang Briptu Risha Dwi Ramadaniati dan protokol/MC dipercayakan kepada Bripda Veryne Dwi Fizcha Mayrena.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Inspektur upacara menegaskan Sejarah telah menunjukkan, bahwa dalam perjalanan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, telah mampu mengatasi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Dengan demikian, dalam usia yang ke-74 tahun, Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap kokoh berdiri.

“Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh pahlawan kusuma bangsa, atas seluruh perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan, kepada masyarakat, bangsa, dan negara.” Ucap Kompol Wiji dihadapan seluruh peserta upacara.



Lebih lanjut dijelaskan bahwa pemolisian di era demokrasi harus bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat, selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara. Hal tersebut diwujudkan dengan penegakan supremasi hukum dan HAM, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta optimalisasi pemeliharaan Kamtibmas. Pemolisian di era demokrasi juga harus disertai dengan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan tugas dan pengelolaan organisasi

“Saya berpesan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas. Laksanakan deteksi dini terhadap setiap potensi gangguan Kamtibmas, agar dapat terselesaikan secara tuntas sebelum berkembang menjadi gangguan nyata.” Ujar Kompol Wiji

“Jalin koordinasi dan kerja sama sinergis dengan satuan TNI di semua tingkatan, Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan, serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal” Imbuhnya

Terkait dengan perangkat Upacara yang keseluruhan di jabat oleh Polisi Wanita, Kompol Wiji yang juga merupakan Polwan senior di jajaran Polres Trenggalek ini menuturkan bahwa hal tersebut dilakukan sekaligus dalam rangka menyambut HUT ke-71 Polwan yang jatuh tepat pada tanggal 1 September 2019 mendatang.

“Memperingati HUT ke-74 RI sekaligus menyambut HUT ke-71 Polwan.” Jelas Kompol Wiji

“Selain bertindak sebagai pejabat upacara hari kemerdekaan, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya `Polwan Goes To School` yang digelar serentak besok tanggal 19 Agustus di 30 sekolah se Kabupaten Trenggalek” Pungkasnya.  ( Humas )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.