Header Ads

Semarak Tahun Baru 1441-H, MUI Kota Probolinggo Gelar Lomba Karya Tulis Dengan Tema 'Semangat Berhijrah'



Probolinggo, Tribunus.co.id
Dalam menyemarakkan tahun baru 1441 Hijriah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo Jawa Timur menggelar lomba karya tulis yang bertemakan Semangat Berhijrah yang diikuti siswa SLTA se Kota Probolinggo.

Disamping lomba karya tulis tersebut, MUI juga menggelar lomba pidato, lomba adzan, dan lomba mewarnai. Lomba ini digelar di SMKN-1 Kota Probolinggo, Minggu (15/9).

Ketua MUI Kota Probolinggo KH. Nizar Irsyad AF mengatakan, dengan semarak bulan Muharam, bagaimana masyarakat bisa lebih memahami arti bulan Muharam ini. Karena banyak yang belum mengenal tahun barunya umat Islam itu bulan Muharam.

Untuk menyemarakkan bulan Muharam ini, lanjut KH. Nizar, MUI menggelar 4 lomba. Yaitu lomba Karya Tulis yang pesertanya siswa SLTA. Kemudian lomba pidato pesertanya dari siswa MTS. Lomba Adzan yang pesertanya dari siswa SD/MI, dan lomba mewarnai yang pesertanya dari murid TK dan RA, jelas KH Nizar.

Lomba adzan ini menurut KH. Nizar, tujuannya, bagaimana masyarakat khususnya anak didik kita, generasi muda kita agar ikut peduli untuk menjaga waktu sholat dengan semangat adzan dan istiqomah.

"Karena pengamatan MUI, di masyarakat itu yang adzan adalah Kyai. Jadi kalau menjadi Kyai itu harus pinter adzan, istiqomah, sekaligus mengimami sholatnya. Maka dengan lomba adzan ini tujuannya supaya anak-anak generasi muda peduli dengan adzan dan pentingnya menjaga waktu sholat," ujarnya.

Sedang untuk lomba pidato, lanjut KH. Nizar, MUI akan mengkader calon-calon para mubaliq/DAI. Supaya mereka bisa meneruskan para penyampai dakwah sesuai dengan apa yang disampaikan dakwah Rasulullah SAW.

Untuk lomba karya tulis dengan tema Semangat Berhijrah Bersama MUI. Kata KH Nizar, intinya bagaimana memberikan pemahaman atau persepsi anak muda itu biar mendalami dan memahami arti hijrah itu. "Dari yang tidak baik menjadi baik," tandas KH Nizar.

Untuk lomba karya tulis yang digelar MUI tersebut, sebagai juara pertama adalah Ainun Nikmah, siswa MAN-2 Kota Probolinggo. Dengan judul karya tulisnya Ekspresi Hijrah Remaja Milenial.

Juara ke dua Dani Galih Prasetyo, siswa SMKN-1 Kota Probolinggo. Judul karya tulisnya Hijrah Milineal membentuk Karakter pada era revolusi 4.0.

Sebagai juara ke tiga adalah Cindik Pratiwi, siswa SMAN-2 Kota Probolinggo. Judul karya tulisnya Gerakan Hijrah Generasi Muda Islam Era Milenial. (Singgih).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.