Jelang Peringatan HUT ke-74 TNI, Kodam IX/Udayana Gelar Ziarah Nasional di TMP Pancaka Tirta





Tabanan - Ziarah memiliki arti yang sangat penting, disamping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendharmabaktikan seluruh jiwa raganya, juga sebagai bukti kebesaran Bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.

Demikian diungkapkan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G., dalam siaran persnya terkait dengan kegiatan Upacara Ziarah Nasional Peringatan HUT ke-74 TNI tahun 2019 yang dipimpin langsung oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan, pada Jumat (4/10/2019).

Kapendam menuturkan, bahwa Ziarah Rombongan dalam rangka HUT ke-74 TNI yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2019 besok tersebut bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan Kemerdekaan NKRI, dan sudah sepatutnya sebagai generasi penerus memberikan penghormatan yang layak untuk para pahlawan yang telah mendahului.

"Orang bijak menyatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para Pahlawannya, untaian mutiara kata bijak ini senantiasa dapat menggelorakan dan mengabadikan semangat kepahlawanan dan jiwa patriotisme para pejuang pendahulu kepada generasi penerusnya," tegas Kapendam.

Sebagai acara pokok, lanjut Kapendam, pada kegiatan ziarah tersebut dilaksanakan peletakkan karangan bunga oleh Kasdam IX/Udayana pada Candi Induk serta dilanjutkan dengan melaksanakan tabur bunga yang diikuti para pejabat dan peserta Ziarah Rombongan di seluruh pusara para Pahlawan yang ada di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, Kabupaten Tabanan.

"Selain ziarah rombongan, rangkaian kegiatan yang digelar oleh Jajaran Kodam IX/Udayana dalam rangka HUT TNI ke-74, antara lain donor darah, karya bhakti dan bhakti sosial, anjangsana ke Kantor Mada LVRI, anjangsana ke rumah Para Veteran, rehab rumah Veteran tidak layak huni, penghijauan, olahraga bersama, berbagai macam lomba dan kejuaraan, serta kegiatan yang masih berlangsung saat ini yakni Run For Bali," demikian jelas Kapendam.

Upacara Ziarah Nasional HUT TNI ke-74 yang berjalan dengan khidmat tersebut diikuti sekitar 300 orang personel TNI gabungan Jajaran Kodam IX/Udy, Lanal Denpasar dan Lanud Ngurah Rai, dan dihadiri juga oleh Irdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Para Sahli Pangdam IX/Udy, Danrindam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, LO AL, LO AU, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Danlanal Denpasar, serta Persit KCK PD IX/Udayana, Jalasenastri dan PIA Ardia Garini. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.