Resmi, TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0718/Pati Tahun 2019 Ditutup





Pati, Jateng, www.tribunusantara.com - Pagi ini lokasi penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2019 Kodim 0718/Pati di Desa Giling Kecamatan Gunungwungkal terlihat sangat cerah. Angin yang sepoi berhembus  membuat suasana semakin nyaman, apalagi Desa Giling terletak di dataran tinggi sebelah utara Pati. Hal tersebut membuat para peserta upacara semakin nyaman. Kamis, 31/10/2019.

Sebagai Inspektur Upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III adalah Komandan Kodim 0718/Pat Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sosi. Secara simbolis Komandan Kodim menandatangani naskah selesainya proyek TMMD ini dan diserahkan kepada Wakil Bupati Pati H. Saiful Arifin.

Dalam upacara penutupan tersebut, Dandim 0718/Pati, Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro yang intinya TMMD merupakan program kerjasama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI Polri kementerian atau lembaga pemerintahan non kementerian yang mensimulasikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di Daerah. Kodam IV/Diponegoro pada tahun 2019 melaksanakan tiga tahap Reguler 104,105 dan 106 selain melaksanakan TMMD Reguler Kodam IV/ Diponegoro juga melaksanakan TMMD sengkuyung/Imbangan dalam pelaksanaannya baik TMMD reguler maupun sengkuyung secara bersamaan yang dilaksanakan selama 30 hari dibuka maupun ditutup secara serentak di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Dandim juga mengungkapkan selain kegiatan fisik juga giat non fisik yang meliputi penyuluhan bidang kesehatan kesadaran bela negara dan ketertiban masyarakat kesehatan hukum HAM dan lain sebagainya.

Adapun pencapaian TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0718/Pati Tahun 2019 ini antara lain di Desa Giling Kecamatan Gunungwungkal, sasaran pokoknya ialah betonisasi jalan ukuran 1000 M X 2,5 M X 0,12 M Hasil = 1000 M ( 100%). Pembuatan gorong2 Ukuran 4 X 1M Hasil = 100 %. Rehab RTLH sebanyak 2 unit serta pembuatan Tugu Prasasti 1 Unit Ukuran 2 x 0,8 x 0,7 M Hasil= 100 %.

Sedangkan untuk Desa Kudur Kec Winong, sasaran targetnya ialah, pembuatan talud jalan desa 140 X 3,5 X 0,5 M betonisasi jalan desa ukuran 200 X 4 X 0,15 M.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, atensi dan harapan sebagai tindak lanjut dari program TMMD ke-104 ini antara lain agar dapat memelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI rakyat dengan membantu menyelesaikan permasalahan dan memberikan kontribusi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang”, ucapnya.

Ia juga berpesan kepada Dansatgas TMMD untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. (sol)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama