Kesdam IM beserta Jajaran Buka Posko Kesiapasiagaan Covid 19





TRIBUNUSANTARA.COM - Banda Aceh –  Mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kesdam IM) mendirikan posko kesiapsiagaan dan tenda isolasi Pasien di Area sekitar Rumah Sakit Tk II IM Kesdam IM, Senin (16/3/2020).

Selain di Kesdam IM,  posko juga didirikan di Kesehatan Korem 011/LW di Lhoksmawe dan Kesehatan Korem 012/TU di Meulaboh.

Gelar posko kesiapsiagaan ini merupakan tindak lanjut intruksi dari komando atas untuk mengantisipasi merebaknya penyebaran Covid-19 di wilayah Satuan kerja.

Kakesdam IM Kolonel Ckm dr Ismi Purnawan,Sp.JP (K) M.A.R.S.,FIHA menerangkan, bahwa untuk mendirikan Posko Kesiapsiagaan terdapat dua tenda Peleton Kesehatan. Untuk tenda pertama diperuntukkan sebagai tenda perawat dengan tiga orang tenaga medis yang dilengkapi dengan perlengkapan medis dan obat obatan.

Sementara di tenda yang kedua diperuntukkan sebagai tenda pasien yang dilengkapi dengan 10 tempat tidur pasien yang masing masing tempat tidur juga dilengkapi lemari dan standart infus serta oksigen.

“Tenda serbaguna atau tenda posko kesiapsiagaan digelar sebagai tempat pengisolasian pasien yang apabila ditemukannya pasien yang terjangkit  Positif Covid-19 di wilayah jajaran Kodam Iskandar Muda,” ucap Kakesdam.




Kakesdam IM melanjutkan, gelar posko kesiapsiagaan dan gelar tenda isolasi juga diperuntukkan apabila ditemukannya pasien yang mempunyai tiga Kriteria, pertama untuk orang yang dalam pemantauan dan kedua Pasien dalam pengawasan.

“Ketiga pasien yang terkena Suspect Covid -19, maka akan dilakukan isolasi di tenda posko serbaguna atau tenda isolasi kesehatan yang ada di Rumkit Tk II IM Kesdam IM,” terang Kakesdam IM.

Tenda isolasi  ini akan di gelar selama terhitung dari tanggal 15 Maret 2020 sampai dengan 31 Maret 2020 atau sampai benar benar tidak ditemukannya pasien pandemik covid -19 di jajaran Kodam Iskandar Muda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.