Polisi Gagalkan Dua Upaya Penyeludupan Ganja di Pelabuhan Jayapura


Polresta Jayapura Kota,- Anggota Kepolisian sektor Kawasan Pelabuhan Laut (Polsek KPL) Jayapura berhasil menciduk seorang oknum mahasiswa berinisial  PPT (21) asal sorong Papua barat, lantaran kedapatan mambawa satu paket ganja kering, Minggu (29/11) sore.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura Iptu Enis Romony, S.H menjelaskan pelaku ditangkap saat embargasi penumpang yang hendak menaiki kapal motor (KM) Labobar.

“Pelaku ditangkap saat mau naik keatas kapal, dimana ketika itu anggota mencurigai barang bawaannya dan ketika dilakukan pemeriksaan didapati satu paket ganja kering didalam plastik bening ukuran sedang,” Cetusnya.

Ketika diamankan pelaku langsung di bawa ke Mapolsek KPL untuk dilakukan pemeriksaan awal dan selanjutnya diserahkan kepada Sat Narkoba Polresta untuk ditindaklanjuti.

“Hasil Introgasi pelaku mengaku kalau barang tersebut di berikan oleh rekannya di kawasan Kotaraja, yang nantinya barang haram itu akan di bawa ke Sorong Papua Barat,” ucapnya.

Ia pun menambahkan selain mengamankan satu pelaku, pihaknya pun berhasil menggagalkan upaya penyeludupan 11 paket ganja dengan modus menggunakan jasa tenaga kerja bongkar muat di Pelabuhan Laut Jayapura.

“Saat giat razia dan pemeriksaan, seorang  buruh TKBM menyampaikan kepada anggota bahwa barang yang dibawahnya mencurigakan, ketika dilakukan pemeriksaan, ditemukan narkotika jenis ganja sebanyak 11 paket ukuran besar dan sedang,” jelasnya.

Dari keterangan TKBM tersebut, menyebutkan tidak mengenal pasti siapa pemilik tas tersebut, dirinya hanya di suruh pelaku. “Katanya nanti ketemu diatas kapal, ketika itu wajah pelaku tidak dikenali jelas,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek pun menambahkan mengingat sudah memasuki bulan Desember pihaknya akan lebih intens dalam melakukan pengamanan di Pelabuhan Laut guna mengantisipasi upaya penyeludupan narkotika maupun miras dari dalam dan luar Jayapura.(*)

Penulis : Subhan
Diberdayakan oleh Blogger.