Cara Mudah Mengatasi WAstafel Yang Mampet

 Wastafel di dapur Anda pastinya sangat penting bagi rutinitas harian Anda. Tapi, Anda mungkin tidak menyadari hal ini hingga timbul masalah. Wastafel yang tersumbat bisa menimbulkan bencana; piring kotor menumpuk dan Anda pun terpaksa berhenti memasak! Belum lagi jika harus menunggu datangnya tukang untuk membetulkan wastafel mampet tersebut. Sebelum memutuskan untuk memanggil tukang ada baiknya anda coba cara sederhana berikut ini.





1. Atasi Wastafel Tersumbat dengan Plunger

Caranya Cukup Mudah

Isilah separuh wastafel dengan air panas.
Letakkan plunger (karet penyedot saluran) di atas mulut saluran wastafel. Kalau wastafel itu memiliki 2 bak, sumpal bak yang tidak tersumbat dengan kain lap. Dengan begitu, tekanan plunger terpusat di bak yang tersumbat.
Dorong dan tarik plunger dengan cepat. Kemudian lepaskan plunger dari mulut saluran. Coba cek, apakah air sudah bisa mengalirinya?
Lanjutkan menyedot saluran hingga wastafel Anda terbebas dari sumbatan.

2. Atasi Wastafel Tersumbat dengan Cuka dan Soda Kue

Pakailah sarung tangan karet. Gunakan mangkok atau gelas untuk memindahkan air yang menggenangi wastafel ke sebuah ember.

Masukkan 1 cangkir soda kue ke saluran wastafel. Kalau perlu, gunakan spatula untuk mendorong soda kue memasuki pipa.

Tuangkan 1 cangkir cuka ke saluran wastafel. Tutup mulut wastafel dengan stopper (sumbat karet untuk menutup saluran pembuangan air) agar cuka terdorong masuk dan mencapai sumbatan.
Tunggu selama 5 menit, biarkan larutan itu bekerja. Setelahnya, tuangkan air hangat ke dalam wastafel. Apakah sumbatannya lenyap?

Tuangkan 4 cangkir air mendidih ke dalam saluran wastafel kalau air hangat tidak mempan. Kalau ternyata wastafel masih tersumbat, ulangi proses memasukkan larutan cuka dan soda kue ini sekali lagi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama