Gelar Lat Pra Ops Lilin Matoa-2020 Polresta, Kapolres Tegaskan Maksimalkan Patroli Tiadakan Gangguan Keamanan


Polresta Jayapura Kota,- Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K., M.Pd didampingi Kabag Ops Kompol Nursalam Saka, S.Pd., M.M pimpin pelaksanaan Latihan Pra Operasi Lilin Matoa-2020 Polresta Jayapura Kota bertempat di Aula Mapolresta, Sabtu (19/12) Pkl.11.30 Wit.

Lat Pra Ops tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan seluruh personil polresta jayapura kota untuk meniadakan segala bentuk gangguan keamanan menjelang perayaan natal dan tahun baru di Kota Jayapura.

Turut hadir Kasat Intelkam Polresta Jayapura Kota AKP Beddu Rachma, Kasat Lantas AKP Viky Pandu Widhapermana, S.H., S.I.K., M.H, Kapolsek Abepura AKP Clief Gerald Philipus Duwith, S.E., S.I.K, Kapolsek Jayapura Selatan AKP Yosias Pugu, S.H, Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina Wally, S.H., M.H, Kapolsek Jayapura Utara Iptu Handry Bawiling, S.Sos., M.M, Kapolsek KPL Jayapura Iptu Enis Romony, S.H, Kapolsubsektor Heram Iptu Alfrit B. Nadek, S.H dan para perwira jajaran Polresta Jayapura Kota.

Dalam arahannya Kapolresta Jayapura Kota menjelaskan teknis pelaksanaan operasi lilin yang melibatkan instansi terkait dan personil polresta jayapura kota harus siap menjamin keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 di Kota Jayapura.

Dirinya menekankan untuk pelaksanaan patroli rutin di maksimalkan sebanyak empat kali dalam 1x24 jam, yakni pada pagi, siang, malam dan dini hari.

"Para Kapolsek agar berkordinasi dengan Koramil untuk melakukan pengamanan dan patroli di gereja-gereja dengan melibatkan personil gabungan Polri-TNI. Selain itu Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru sudah harus siap laksanakan tugas mulai Senin besok (21/12).

Ia juga menambahkan, piket fungsi menjadi piket siaga dalam pelaksanaan operasi yang digelar.

Ditempat yang sama Kabag Ops juga menyampaikan, Untuk memulai pelaksanan operasi akan dilakukan apel gelar pasukan pada hari senin secara serentak di polres masing masing dengan melibatkan Instasi terkait dengan jumlah terbatas.

"Pelaksanaan operasi berlangsung selama 15 hari mulai dari 21 Desember 2020  sampai dengan 4 Januari 2021 dimana untuk pos operasi lilin terdapat tiga tipe yaitu pos pelayanan, pengamanan dan pos terpadu dimana sasaran operasi meliputi Orang, Benda dan Lokasi," Ungkap Kabag Ops.

Ia menjelaskan, tugas pokok operasi lilin adalah menyelenggarakan pengamanan pada tempat keramaian dan rawan kriminalitas dengan tata cara bertindak adalah melaksanakan kegiatan intelijen dengan cara mendeteksi gangguan kamtibmas menjelang natal dan tahun baru, mensterilisasi tempat ibadah agar terhindar dari gangguan, melakukan patroli pada tempat keramaian dan yang dianggap rawan, melakukan pengaturan lalulintas, penegakan hukum terhadap segala bentuk  gangguan hari raya natal, menyediakan perlengkapan medis, logistik dan sarana prasarana guna menyokong pelaksanaan tugas oleh personil.

Usai paparan Kabag Ops, Lat Pra Ops Lilin dilanjutkan dengan paparan masing-masing kepala satuan fungsi sesuai tugas pokok dan tanggung jawab yang diemban.(*)

Penulis : Subhan
Diberdayakan oleh Blogger.