Jaga Sumber Air, Aparatur dan Masyarakat Tanam Pohon di Hutan Wisata Siti Soendari


Lumajang - Batituud Koramil 0821/03 Senduro Pelda Sukari meminta agar masyarakat aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan, dengan cara menanam pohon sehingga dapat dirasakan oleh anak cucu nantinya.


"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadi media kontrol secara langsung terhadap lingkungan dan berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan", ujar dia dalam kegiatan Gerakan Menanam Pohon Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree), bertempat di Hutan Wisata Siti Soendari Desa Burno Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (29/12/2020).


Sukari juga menyampaikan, bahwa sebagai bagian dari aparatur wilayah, selain melaksanakan tugas kemiliteran, pihaknya akan terus berupaya untuk membantu pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan.


"Dimusim penghujan seperti saat ini, gerakan menanam pohon juga merupakan upaya melindungi mata air yang ada di hutan, sehingga dapat mencegah dari bencana yaitu banjir dan longsor", katanya.


Sementara itu, Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Perhutani Senduro, Lesmana, S. Hut mengungkapkan, bahwa pihaknya berterima kasih kepada Koramil 0821/03 Senduro dan Instansi terkait di Kecamatan Senduro sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.


Lanjut dia, bibit yang merupakan hasil kerja sama dengan bantuan Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (Ditjen PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup nantinya tak akan menjadikan program penghijauan saja, namun akan menjadikan hutan wisata bagi masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


“Terima kasih kepada Koramil Senduro dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan, semoga apa yang telah kita lakukan bersama ini dapat menunjang kelestarian lingkungan serta dapat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat", pungkasnya. (Pendim0821/By)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.