Pemkot Kotabaru Sosialisasi Pembinaan Perpustakaan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah

 


Kotabaru - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kotabaru mengadakan Sosialisasi Pembinaan Perpustakaan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah tahun 2020 yang berlangsung di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotabaru.(15/12).

Acara ini diikuti Pengelola Perpustakaan Sekolah yang ada di kotabaru.

Sosialisasi pembinaan ini untuk meningkatkan pemahaman bagi perpustakawan baik penggelola perpustakaan sekolah  tentang bagaimana mengelola sebuah perpustakaan yang baik dan sesuai dengan standar perpustakaan nasional atau terakreditasi.

Ir. H.Gusti Syahruddin kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotabaru menyampaikan, adapun salah satu manfaat dari Akreditasi yaitu, perpustakaan yang dikelola diakui secara nasional, dan perpustakaan sesuai dengan standar nasional perpustakaan.

Dan untuk dikotabaru ada 2 sekolah yang mendapat akreditasi B, yaitu sekolah SMADA Kotabaru dan MAN Kotabaru.

Beberapa hal yang terkait hak dan kewajiban perpustakaan sekolah yang telah terakreditasi diantaranya berhak mempublikasikan pencapaian perpustakaan melalui papan nama dan mempunyai kewajiban untuk menyelenggarakan dan mengembangkan perpustakaan secara konsisten.

Ditambahkan Sofyan Hamid dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengatakan 2 Perpustakaan Sekolah di Kabupaten Kotabaru telah terakreditasi.  Hal ini diharapkan dapat memacu dan memotivasi sekolah lain untuk bersiap diri dalam mengajukan akreditasi perpustakaannya, demi tersedianya informasi bagi generasi muda guna terwujudnya  sumber daya manusia bangsa yang berkualitas".

Diakhir kegiatan dilakukan penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan kepada 2 sekolah tingkat menengah Atas yaitu MAN Kotabaru dan SMADA Kotabaru.   (humas)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama