Pohon Tumbang, Babinsa Birayang Sigap Bantu Evakuasi


BARABAI-Sebatang pohon Asam tumbang di jalan A.Yani desa Kubur Jawa Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) akibat diterpa angin kencang pada Sabtu 12 Desember 2020 sekitar pukul 20.30 wita.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, dua pengendara nyaris tertimpa pohon.

Babinsa Koramil 1002-01/Birayang Serda Mardiyanto menjelaskan, peristiwa pohon tumbang itu diduga terjadi karena terpaan angin kencang.

“Curah hujan kala itu memang sedang, tapi anginnya sangat kencang. Beruntung pengendara motor matic dan satu mobil selamat, nyaris saja tertimpa,” katanya,

Pohon yang tumbang itu langsung disingkirkan oleh petugas BPBD dibantu TNI-Polri. Sekitar satu jam untuk mengevakuasi pohon besar tersebut. Akibatnya jalan macet tak terindahkan.

“Di tengah rintik hujan dibantu warga sekitar membersihkan pohon itu, kondisi jalan juga gelap karena listrik padam. Setelah pohon selesai di potong-potong, akhirnya lalu lintas kembali normal,” jelasnya.

Serda Mardiyanto meminta warga untuk tetap waspada. Di musim hujan disertai angin kencang ini memang sangat berisiko melintas di bawah pepohonan.

“Apalagi pohon itu sudah lapuk. Lebih baik kalau hujan lebat berteduh sampai hujan reda untuk mengurangi risiko,” pesannya.(pendim1002).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama