Genjot Hasil Produksi Pertanian, TNI dan Masyarakat Desa Pasirian Bangun Saluran Irigasi Tersier


Lumajang - Sebagai upaya meningkatkan hasil produksi pertanian, Babinsa Pasirian Koramil 0821/08 Pasirian turut membantu pembangunan Saluran Irigasi Tersier (SIT) di Dusun Gaplek Desa Pasirian Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (7/1/2021).

Saat kegiatan tersebut, Babinsa Pasirian Serma Sudjimun mengatakan, bahwa permasalahan yang selalu dihadapi petani saat musim kemarau adalah sulitnya memenuhi kebutuhan air bagi lahan pertanian.

Menurut dia, sebagai aparatur kewilayahan, selain melaksanakan pembinaan wilayah, juga bertugas sebagai mitra kerja kepala desa, untuk itu pihaknya siap membantu mengatasi permasahan yang terjadi di wilayah binaan.

"Dengan dibangunnya SIT ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan kekurangan air bagi lahan pertanian di Desa Pasirian, sehingga dapat menunjang upaya peningkatan hasil panen petani," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasirian Sugeng menerangkan, bahwa petani sering mengeluhkan lahan pertaniannya kekurangan air, sehingga pemerintah desa bersama babinsa berupaya untuk mengatasi hal tersebut.

Ia juga menerangkan, pembangunan SIT yang dilakukan tersebut sepanjang 300 meter, sehingga diharapkan dapat menambah debit air yang dialirkan, dan saat musim hujan, air dapat dialirkan dengan lancar dan tidak sampai menggenangi lahan petani.

"Terima kasih kepada babinsa yang telah aktif membantu dan mendukung program pemerintah desa yang telah direncanakan, semoga hasil pertanian Desa Pasirian dapat lebih meningkat dan dapat menunjang peningkatan kesejahteraan petani," pungkasnya  (Pendim 0821/Phie)
Diberdayakan oleh Blogger.