Puskesmas Batu Benawa Gandeng Koramil 07/Pagat Sosialisasikan PSN


BARABAI-Mengatisispasi penyebaran virus dengue yang ditularkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti sebagai penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Batu Benawa gandeng Koramil 1002-07/Pagat melakukan sosialisasi gerakan PSN (Pembelajaran Sarang Nyamuk) kepada warga masyarakat Desa Haliau Kecamatan Batu Benawa Kab.Huku Sungai Tengah.Sabtu (09/01).

Sosialisasi dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Batu Benawa Rudiansyah,S.Kep, Danramil 1002-07/Pagat Kapten Inf Andi Tiro.

Rudiansyah dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada warga masyarakat Haliu untuk ikut serta dalam melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan sekitar dengan menerapkan 3M."ucapnya.

Lebih lanjut Rudiansyah menuturkan yang dimaksud 3M Plus adalah gerakan; pertama Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampungan air lemari es dan lain-lain, kedua Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya dan yang ketiga Mendaur ulang Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yag menularkan demam berdarah."tuturnya.

Sedangkan PLUS nya adalah ;Menaburkan bubuk larvasida (bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, Menggunakan kelambu saat tidur, Menaruh ikan di penampungan air dan Menanam tanaman pengusir nyamuk."imbuhnya.

Sementara itu Danramil 1002-07/Pagat Kapten Inf Andi Tiro pada kesempatan sosialisasi PSN tersebut menegaskan bahwa pihaknya (TNI) akan selalu siap membantu pemerintah dalam segala bidang, salah satunya gerakan PSN yang dilaksanakan hari ini.

Melalui para Babinsa kami yang setiap hari aktif di wilayah binaan mereka dapat mensosialisasikan gerakan PSN ini langsung kepada warga binaan, sekaligus memberikan imbauan kepada warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan guna menghindari penyeraban nyamuk Aedes Aegypti sebagai penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)."tegas Danramil.(pendim1002).
Diberdayakan oleh Blogger.