Berikan Motivasi Kewarga Bantu Panen Tomat Oleh Satgas TMMD Kodim 0903/Tsr

 


Tanjung Selor - Ditengah Pandemi Covid-19 anggota Satgas TMMD Ke 110 Kodim 0903/Tsr membantu petani merawat dan memanen tanaman tomat yang tumbuh subur di lahan kosong milik warga Desa Gunung Putih, Kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan, Selasa (30/3/2021).


Lahan kosong tersebut milik ibu Kartika dengan luas lebih kurang 1 Hektar yang kemudian dimanfaatkan olehnya untuk ditanami tomat dan Lombok serta sayuran yang lainnya.


Perawatan batang tomat sangat diperlukan, tanaman tomat yang subur, agar membuahkan hasil yang besar dan banyak, cara melakukan perawatan hampir sama dengan melakukan perawatan pada cabe, yaitu dengan membersihkan tanaman tomat dari rumput pengganggu pemberian tali atau penopang pemberian pupuk organik dan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari, ungkap Serda Tolos.


Jika tanaman terserang hama, maka cabutlah tanaman yang terserang dan buang jauh dari tanaman tomat yang lain. Sedangkan pemberian pestisida bisa dilakukan jika serangan hama sudah parah dan pilihlah pestisida yang organik, ujarnya.


Pemanenan buah tomat biasanya masa panen buah tomat adalah 3 bulan dari penanaman namun ini tentunya sangat bervariasi tergantung jenis dan kesuburan tanaman, ungkapnya.


Komandan Satgas TMMD ke-110 Kodim 0903/Tsr Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly, S.I.P mengatakan kegiatan ini salah satu kemanungalan TNI bersama rakyat serta mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan.


Dia menambahkan, pihaknya turun langsung untuk membantu dengan harapan memberikan motivasi kepada warga dan memberikan nilai positif bagi petani agar tetap semangat bekerja guna meningkatkan ketahanan pangan dimasa Pandemi Covid 19, terangnya.


Kebersamaan ini diharapkan dapat menciptakan rasa kekeluargaan dengan keberadaan kami untuk saling membantu satu sama lainya pada rangkaian kegiatan TMMD Ke 110 Kodim 0903/Tsr, tutupnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama