Kementerian Sosial RI, Hadiri HUT Tagana Ke-17 Di Banten



Banten - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Banten melakukan upacara Hari Ulang Tahun Tagana Ke-17 yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Banten BPK Andika Hazrumi, Kementerian Sosial RI di wakili Oleh Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Iyan Kusmadiana serta Jajaran Dinas Sosial Provinsi Banten Dra.Nurhana M.Si (Kadinsos Provinsi Banten), Drs.Tajul Arifin (Kabid Linjamsos), Irma Muliasari S.Si (Kasi PSKB ), dr.H Romli Ardi (Rektor Universitas Prima Graha), Rabu, (24/3).


Dalam rangkaian HUT Ke-17 Tagana kali ini  juga dilaksanakan penanaman 50 ribu pohon mangrove dan membagikan beasiswa perguruan tinggi kepada putra atau putri dari anggota Tagana Banten, serta dari warga penerima bantuan sosial Dinas Sosial Provinsi Banten.


“Alhamdulillah pada HUT kali ini kita dapat melakukan penanaman 50 ribu pohon mangrove dan juga menjalin kerjasama dengan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) di Banten, memberikan beasiswa kepada putra atau putri dari anggota Tagana Banten dan para keluarga penerima manfaat Dinsos Banten," kata Andika usai memimpin apel.


Apel dan ceremony HUT Tagana ke 17 tingkat Provinsi Banten ini juga diikuti secara virtual oleh seluruh anggota Tagana tingkat kabupaten/kota dan anggota Tagana Banten yang tengah melakukan penanaman mangrove di lokasi penanaman di Kecamatan Labuan dan Carita, Kabupaten Pandeglang.


Terkait pemberian beasiswa perguruan tinggi, Andika mengungkapkan, beasiswa ini merupakan hasil pendekatan secara personal yang pihaknya dengan dua PTS yang ada di Provinsi Banten, yaitu Universitas Prima Graha dan Politeknik PIKSI INPUT Serang.


Menindaklanjuti pemberian beasiswa sarjana ini, lanjutnya, akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan perguruan tinggi tersebut agar lebih banyak beasiswa yang diberikan kepada putra-putri terbaik Banten.


“Untuk itu saya tugaskan kepada Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Banten agar menindaklanjuti rencana ini dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk dapat segera merealisasikan penandatanganan nota kesepahaman ini, yang ditargetkan pada bulan April MoU sudah ditandatangani," imbuhnya.


Sebelumnya dalam sambutannya saat memimpin apel, Andika mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 saat ini, Tagana bersinergi dengan Pemprov Banten, TNI, Polri, civil society dan bersama masyarakat bahu membahu dalam penanggulangan Covid-19 di Provinsi Banten.


“Pengendalian penularan Covid-19, memerlukan partisipasi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan memakai sabun. Hal-hal yang dapat dilakukan Tagana dalam hal ini, adalah membantu mengedukasi dan memberikan dukungan psikologi dalam mengurangi kepanikan masyarakat pada masa pandemi Covid-19. ” Kata Andika


Lebih lanjut dikatakab bahwa Tagana juga ikut membantu dalam memantau dan memberikan informasi yang diperlukan oleh OTG atau orang tanpa gejala maupun terkonfirmasi positif yang melaksanakan karantina.


"Serta membantu menyalurkan kebutuhan pokok masyarakat khususnya untuk OTG dan terkonfirmasi positif dalam karantina rumah, maupun untuk kelompok rentan," pungkasnya.


Acara dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng yang dilakukan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi selanjutnya diserahkan ke Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Iyan Kusmadiana sebagai ungkapan bangga kepada Tagana dalam kiprah selama 17 Tahun.***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama