NGOPI PAK, Polsek Muara Tami Siap Aktifkan Kembali Pos Kamling


Jayapura Kota, Tribunusantara.com - Program NGOPI PAK (Ngobrol Pagi Perkara Kamtibmas) Polsek Muara Tami banyak temukan keluhan warga hingga ditarik kesimpulan perlu diaktifkannya kembali Poskamling disetiap kompleks yang ada di wilayah distrik muara tami.


Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina Wally, S.H., M.H ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya (Rabu 23/6 siang).


Kapolsek mengatakan, program Ngopi Pak yang dilakukan pihaknya berjalan seminggu dua kali, dimana personilnya dibagi beberapa tim untuk melakukan kunjungan ke setiap warga yang ada di seputaran distrik muara tami.


"Dari pelaksanaan kunjungan yang dilakukan hari ini oleh personil, banyak ditemukan keluhan-keluhan warga terkait lokasi-lokasi yang biasa digunakan pencuri baik untuk berkumpul maupun membuang barang bukti hasil curian yang tidak diambil seperti tas-tas," ucapnya.


Lanjutnya, selain itu pihaknya juga mendapatkan informasi terkait keresahan warga tentang anak-anak muda yang sering mengkonsumsi minuman keras hingga melajukan kendaraannya secara ugal-ugalan ditambah dengan kenalpot bising yang digunakan.


"Menyikapi hal tersebut tentunya kami akan mengambil langkah-langkah tindakan kepolisian berupa patroli ke lokasi-lokasi yang kini telah menjadi target sesuai dengan informasi yang telah dikumpulkan dengan terjun langsung ke masyarakat," bebernya.


Selain itu dirinya juga akan berkordinasi dengan ketua-ketua RW dan RT setempat melalui Bhabinkamtibmas untuk kiranya dapat mengaktifkan kembali poskamling disetiap tempat pemukiman warga guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas seperti pencurian, orang mabuk atau lain sebagainya yang dapat mengganggu kenyamanan warganya.


"Selain itu sebagai anggota Polri juga kami selalu memberikan himbauan kepada masyarakat agar waspada karena kejahatan ataupun pencurian yang sering terjadi karena adanya kesempatan, dimana korban biasanya lalai dalam mengamankan barang-barang miliknya. Selain itu pengaktifan kembali Pos Kamling juga sangat penting untuk menjaga keamanan lingkungan, sehingga warga dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk sama-sama menjaga lingkungannya," pungkas Kapolsek.


Program Kapolsek Muara Tami yakni NGOPI PAK (Ngobrol Pagi Perkara Kamtibmas) yang dilakukan cukup berkesan, dimana warga sangat mengapresiasi program yang telah digagas oleh Kapolsek, warga menilai dengan adanya program baru ini warga merasa lebih dekat dengan Polisi sehingga dapat menyampaikan apa yang selama ini menjadi keluhan warga.(*)


Penulis : Subhan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama